Rahasia Pertama Comeback Besar

ReKA Video

Berlangganan ReKA Video melalui:

youtube

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

pablo (1)

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

BACAAN HARI INI
Yosua 7:1-13

RHEMA HARI INI
Yosua 7:6 Yosua pun mengoyakkan jubahnya dan sujudlah ia dengan mukanya sampai ke tanah di depan tabut TUHAN hingga petang, bersama dengan para tua-tua orang Israel, sambil menaburkan debu di atas kepalanya.

Kegagalan adalah satu hal yang paling ditakuti umat manusia. Mungkin karena kegagalan membuat kita merasa tidak cukup baik, tidak masuk hitungan, dan bahkan dipermalukan. Itulah yang dirasakan Yosua dan bangsa Israel saat mereka kalah telak oleh orang-orang Ai yang jumlahnya tidak seberapa. Padahal sebelumnya mereka berhasil menjatuhkan kota Yerikho yang jauh lebih besar dan kuat. Begitu malunya Yosua, sampai-sampai ia berkata kepada Tuhan sebaiknya mereka tidak pernah menyeberangi sungai Yordan (ay.7). Kemenangan mutlak atas Yerikho sekejap tergantikan oleh aib yang tak tertanggungkan. Namun, Yosua tidak datang kepada Tuhan hanya untuk mengeluh. Ia meminta Tuhan menunjukkan letak kesalahan bangsa mereka.

Dengan kata lain, Yosua mengevaluasi apa yang bangsa Israel lakukan sampai mereka bisa dikalahkan bangsa Ai. Ternyata mereka melakukan dua kesalahan fatal. Yang pertama, mereka mengambil barang-barang yang Tuhan perintahkan untuk dimusnahkan (ay.11-12). Kedua, mereka telah menjadi sombong dan merasa kuat sendiri (ay.2-3). Setelah Yosua membereskan kesalahan bangsa Israel di hadapan Tuhan, mereka kembali menggempur bangsa Ai. Saat itulah, kemenangan besar Tuhan berikan ke tangan mereka.

Benar, saat kita mengalami kekalahan atau kegagalan, tidak seharusnya kita berlarut-larut dalam perasaan gagal dan takut. Kegagalan ada bukan untuk membuat kita berkecil hati, tetapi untuk mendorong kita untuk menjadi lebih baik lagi. Bagaimanapun, kesalahan dan kegagalan adalah bagian dari kehidupan yang alamiah. Hanya ketika kita mau merendahkan diri di kaki Tuhan dan mengambil waktu untuk berinstropeksi, Tuhan akan membukakan kesalahan-kesalahan yang kita lakukan. Ya, bukalah hati kita untuk dikoreksi Tuhan, maka kita akan memperoleh hikmat untuk bangkit dan merebut kembali kemenangan kita. Bersama Tuhan, kita akan menjadi lebih dari pemenang. Revival besar tidak hanya akan terjadi dalam kehidupan kita pribadi, tetapi menyebar bagai api yang menyambar ke sekeliling kita. (MV.L)

RENUNGAN
Rahasia pertama COMEBACK BESAR adalah BERANI EVALUASI TOTAL.

APLIKASI
1. Permasalahan besar atau kegagalan apa yang tengah Anda hadapi saat ini?
2. Mengapa Anda perlu mengevaluasi kegagalan Anda secara total?
3. Bagaimana Anda dapat mengevaluasi diri Anda dalam permasalahan yang Anda hadapi saat ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkaulah pengajar kami yang baik. Tujuh kali kami jatuh, tetapi tujuh kali pula kami akan bangkit, karena tangan-Mulah yang menopang kami. Engkau sendirilah yang mengajari kami untuk mengatasi segala permasalahan kami, sehingga kami bisa memperolah kemenangan besar bersama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”