KARUNIA TUHAN [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Daniel 2:1-49

Rhema: Amsal 2:6
Karena TUHANlah yang memberikan hikmat,  dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.

Daniel adalah anak yang hebat. Sejak muda, Daniel menunjukkan keberanian, kecerdikan, dan kebijaksanaan. Keberanian Daniel tidak perlu diragukan. Mulai dari di gua singa, melakukan puasa selama 21 hari, hingga tetap berdoa meski dilarang raja Darius adalah contoh keberanian Daniel. Mengapa Daniel berani melakukan hal-hal tersebut? Karena fokus Daniel ditujukan kepada Tuhan dan bukan kepada dunia.

Kecerdikan Daniel juga ditunjukkan dalam Daniel 1:20 disebutkan bahwa dia bersama ketiga sahabatnya Sadrakh, Mesakh, dan Abednego sepuluh kali lebih cerdas dari orang lain. Makanan yang mereka santap saat itu sayuran membuat mereka sehat dan cerdas. Karena itu dalam memilih makanan, Sahabat harus menyertakan sayur-sayuran dan buah-buahan agar kita cerdas seperti Daniel dan ketiga sahabatnya.

Kebijaksanaan Daniel diceritakan dalam mngungkapkan arti mimpi raja. Saat hikmat dari Tuhan diberikan kepada Daniel maka keberanian, kecerdikan dan kebijaksanaan diberikan sehingga membuat Daniel mampu mengartikan mimpi raja Nebukadnezar.

Hikmat Tuhan membuat Daniel menjadi orang penting dalam pemerintahan 3 raja di sepanjang hidupnya. Raja Nebukadnezar, raja Darius, dan raja Koresh mempercayakan Daniel membantu mengatur kerajaan mereka. Dari Kisah Daniel mari kita mencari hikmat dari Tuhan agar kita memiliki keberanian, kecerdikan dan kebijaksanaan seperti Daniel. Ada tiga cara mendapatkan hikmat dari Tuhan :

  1. Berdoa meminta hikmat dari Tuhan
  2. Membaca Alkitab dan menyimpan firman di dalam hati
  3. Takut akan Tuhan dan sungguh-sungguh melakukan Firman Tuhan. (W2)

Doa hari ini:
Tuhan Yesus, kami mau menjadi anak hebat yang berani, cerdik dan bijaksana seperti Daniel. Berilah kami hikmat dari Tuhan di dalam hidup kami. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Keluaran 2

Pertanyaan hari ini:

  1. Sahabat Fligo, apa yang dimaksud cerdik dalam renungan hari ini?
  2. Sudahkan Sahabat memiliki hikmat dari Tuhan? Bagaimana cara mendapatkannya?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

GBI Keluarga Allah Global Cell Church
www.gbika.org | www.impactchannel.tv
Call Center+: 0899-789-5000
❤ Love God, 💓Love People, 🔥with Passion