SAMUEL AND LITLE DAVID [RAKA JOYFUL]

Bacaan: 1 Samuel 16: 1-13

Rhema: 1 Samuel 16:7B

Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata,  tetapi TUHAN melihat hati.

Tuhan memerintahkan Samuel untuk mengurapi seorang raja baru. Samuel menuruti perintah Tuhan sembari bertanya, “Aku harus kemana Tuhan? Apakah ada lagi diantara bangsa Israel yang segagah dan secakap Saul? Dan lagi saat Saul tahu aku telah memberikan urapan kepada orang lain, bukankah nyawa orang terserbut akan terancam?”

Tuhan menunjuk Samuel mempersembahkan korban bakaran di kota Betlehem agar raja Saul tidak menyadari tujuan utama Samuel. Samuel mengundang Isai dan keluarganya untuk hadir dalam acara itu. Saat Samuel melihat Eliab, anak sulung Isai, dia sangat takjub. Karena Eliab seorang yang tinggi, gagah dan parasnya rupawan mirip dengan raja Saul. Bagi Samuel paras Eliab sangat cocok menggantikan raja Saul.

Namun Tuhan berkata kepada Samuel, “Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati. 

Kemudian Samuel melihat anak-anak Isai yang lain, Abinadab, Syama dan keempat adiknya yang lain. Namun ketujuh anak Isai tidak berkenan bagi Tuhan. Samuel kemudian bertanya kepada Isai apakah ada anaknya yang lain?

Isai memanggil anaknya yang terkecil yakni Daud. Saat Samuel melihat Daud, parasnya yang elok dan masih imut serta pipinya merona kemerahan. Tuhan melihat hati tulus Daud kepada-Nya meski saat itu Daud masih muda belia. Tuhan berfirman kepada Samuel untuk mengurapi Daud.

Samuel mengambil tabung tanduk yang berisi minyak itu dan mengurapi Daud di tengah-tengah saudara-saudaranya. Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah Roh TUHAN atas Daud. (W2)

 

Doa hari ini:

Tuhan Yesus, aku mau selalu menyenangkan hati-Mu. Dan Allah Roh Kudus ku mau Kau bertahta di dalam hatiku dan berkuasa atas hidupku. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Filipi 3

Pertanyaan hari ini:

  1. Sahabat, siapakah penulis dari Mazmur 23?
  2. Mengapa Roh Kudus mau berkuasa atas hidup Daud? Kapan dimulai Roh kudus berkuasa di dalam hidup Daud?
  3. Dari firman hari ini, aku belajar tentang:

GBI Keluarga Allah Global Cell Church
www.gbika.org | www.impactchannel.tv
Call Center+: 0899-789-5000
❤ Love God, 💓Love People, 🔥with Passion