MIRYAM, HARUN & MUSA [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Keluaran 1:1-22

 

Rhema: Keluaran 1:16

“Apabila kamu menolong perempuan Ibrani pada waktu bersalin, kamu harus memperhatikan waktu anak itu lahir: jika anak laki-laki, kamu harus membunuhnya, tetapi jika anak perempuan, bolehlah ia hidup.”

 

Sewaktu bencana kelaparan besar melanda di jaman Yusuf, kedua belas suku bangsa Israel pindah ke tanah Mesir. Di bawah pemerintahan Firaun dan Yusuf mereka mengalami masa damai dan sejahtera. Bangsa Israel bertambah banyak berkali-kali lipat.

Lama setelah Yusuf meninggal, ada seorang Firaun baru yang tidak mengenal Yusuf. Raja Mesir ini melihat banyaknya suku bangsa Israel dapat mengancam keberadaan bangsa Mesir bahkan menggantikan bangsa Mesir sebagai bangsa yang tinggal di tanah yang subur ini. Karena itu Raja mengeluarkan peraturan untuk mengurangi kelahiran bangsa Israel di tanah Mesir. Salah satu peraturan tersebut adalah membunuh setiap bayi laki-laki Israel yang dilahirkan.

Keluarga Amran cucu Lewi, dan istrinya Yokhebed telah memiliki dua orang anak yaitu Harun dan Miryam. Mereka lahir sebelum ada peraturan tersebut. Saat peraturan pembunuhan bayi Israel dikeluarkan, Yokhebed mengandung Musa. Saat lahir Yokhebed menyembunyikan anak bungsunya dan Miryam juga sangat mencintai adiknya yang memiliki paras elok dan rupawan.

Putri Mesir menemukan bayi Musa menangis di sungai. Saat Miryam melihat dari kejauhan dia berlari mendekati putri Mesir dan menawarkan ibunya, ibu Musa juga, sebagai inang pengasuh dan penyusu bagi Musa.

Harun dan Miryam adalah kakak-kakak yang mengasihi adik mereka, Musa. Musa pun mencintai mereka. Saat Miryam, bertindak sebagai nabiah menentang Musa, mengakibatkan tangannya terkena kusta. Selama tujuh hari Musa meminta bangsa Israel menunggu Miryam sembuh dan kemudian melanjutkan perjalanan mereka. Saat bangsa Israel meninggalkan Musa, Harun setia menemani adiknya menghadap Firaun meminta raja membebaskan bangsa Israel dari perbudakan.

Miryam sebagai yang tertua, selalu mencintai dan menjaga adik-adiknya. Harun setia kepada adiknya dan taat Firman Tuhan meski melalui perkataan Musa adiknya. Musa mengasihi kedua saudaranya hingga akhir. (W2)

Doa hari ini:
Tuhan Yesus, kami mau belajar selalu mencintai kakak dan adik kami sepanjang hidup kami seperti firman-Mu hari ini tentang keluarga Musa, Harun dan Miryam. Amin.

Bacaan Alkitab setahun: Wahyu 4

Pertanyaan hari ini:

  1. Sahabat Fligo, apa bukti Miryan dan Harun mengasihi Musa?
  2. Menurut Sahabat, Apakah Musa mengasihi kedua kakak-kakaknya? Jelaskan alasan jawaban Sahabat secara singkat!
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

GBI Keluarga Allah Global Cell Church
www.gbika.org | www.impactchannel.tv
Call Center+: 0899-789-5000
❤ Love God, 💓Love People, 🔥with Passion