BANDUNG LAUTAN API [RAKA JOYFUL]

Bacaan: 1 Raja-raja 18: 20-46

Rhema: 2 Tawarikh 15: 7
Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu!”

 

Sahabat, tahukah kalian kisah Bandung Lautan Api. Salah satu kisah heroik perjuangan warga Bandung dalam melawan penjajah. Setelah Indonesia menyatakan kemerdekaannya, Sekutu datang dengan tugas menjaga stabilitas keamanan di Indonesia, salah satunya di kota Bandung. Namun sayang tugas mereka disusupi rencana Belanda yang ingin mengusai Indonesia kembali.

Tentara asing mulai menguasai gedung-gedung penting bahkan mengultimatum para pejuang untuk menyerahkan senjata mereka dan Bandung dikosongkan. Jelas saja hal ini ditolak oleh para pejuang. Para pejuang tidak menyerah begitu saja, mereka mulai melakukan perlawanan. Sehingga mulailah terjadi pertempuran-pertempuran kecil antara tentara asing dan pejuang Indonesia di Bandung.

Melihat kemampuan perang dan persenjataan yang tidak sepadan, akhirnya para pejuang bersepakat membumihanguskan Bandung ketimbang Bandung jatuh ketangan penjajah. Tanggal 24 Maret pukul 9 malam, bumi hangus mulai dilakukan. Para pejuang membumi hanguskan bangunan-bangunan penting, sedangkan warga membakar rumah mereka dan bergabung dengan warga lain untuk mengungsi keluar kota Bandung. Seketika itu juga Bandung menjadi lautan api.

Sahabat, dari kisah di atas kita tahu para pejuang memiliki semangat menyala-nyala dan tidak mudah menyerah meskipun nyawa sebagai taruhannya. Di Alkitab juga ada pahlawan iman yang memiliki semangat yang menyala-nyala. Dia adalah Elia, ia tidak takut menegur Ahab, raja Israel yang menyembah Baal. Bahkan ia menantang para nabi Baal untuk membuktikan kehebatan allah mereka. Tidak hanya itu Elia juga membunuh nabi Baal sehingga ia terancam untuk dibunuh. Meski ia menjadi takut tapi ia tetap taat pada perintah Tuhan, ia terus bersemangat dalam menyampaikan pesan Tuhan untuk umat-Nya. (R2TAN)

 

Doa hari ini:
Tuhan ampuni kami yang seringkali mengabaikan perintah-Mu. Ajar kami Tuhan untuk terus memiliki hati yang mau melayani-Mu. Bahkan kobarkan semangat kami untuk berani menyampaikan kebenaran firman-Mu. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Imamat 18

Pertanyaan hari ini:

  1. Siapa nabi yang menegur raja Ahab?
  2. Siapakah nama pahlawan Bandung Lautan Api?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

GBI Keluarga Allah Global Cell Church
www.gbika.org | www.impactchannel.tv
Call Center+: 0899-789-5000
❤ Love God, 💓Love People, 🔥with Passion