MILIKI JIWA YANG BERBEDA [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Bilangan 13:1-6

Rhema: Bilangan 14:24

Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya.

 

Sahabat Fligo, Kaleb adalah salah satu dari dua orang pengintai yang spesial. Sama seperti arti namanya yakni gagah berani, ia dengan gagah berani berkata bisa mengalahkan bangsa yang berdiam di tanah Kanaan. Ia dan Yosua sangat berbeda dengan pengintai lainnya yang lemah setelah melihat musuhnya.

Bagaimana Kaleb bisa tetap berani sekalipun telah melihat musuhnya yang kuat dan besar? Bilangan 14:24 menuliskan karena Kaleb memiliki jiwa yang berbeda. Ia mengikut Tuhan dengan sepenuh hatinya. Inilah yang membuat Kaleb percaya bahwa jika Tuhan menyertai, maka tidak usah takut kepada musuh. Kaleb fokus kepada Tuhan yang besar bukan musuh yang besar.

Karena Kaleb percaya akan pernyertaan Tuhan, maka ia mendapatkan upahnya. Ia bersama dengan Yosua masuk ke tanah perjanjian. Dengan penyertaan Tuhan ia mampu mengalahkan keturunan Enak yang besar dan hebat. Akhirnya Kaleb dan keturunannya meduduki tanah Hebron.

Sahabat Fligo, yuk kita menjadi Kaleb di zaman ini. Ikut Tuhan dengan sepenuh hati kita. Belajar percaya penyertaan Tuhan ketika kita menghadapi musuh atau masalah yang terlihat besar. Kalau Tuhan beserta kita, tidak ada yang sanggup mengalahkan kita! (YM)

 

Doa hari ini:

Tuhan Yesus, ampuni aku selama ini aku banyak fokus pada besarnya masalah dan musuh yang kuhadapi. Hari ini aku fokuskan hatiku kembali pada Tuhan yang besar. Aku percaya ketika Tuhan Yesus besertaku tidak ada yang sanggup melawanku. Amin.

Β 

Bacaan Alkitab setahun: 2 Yohanes 12

Pertanyaan hari ini:

  1. Apa yang membuat Kaleb berbeda dari pengintai lainnya?
  2. Bagaimana reaksi Kaleb ketika menghadapi musuh yang lebih besar dari bangsanya?
  3. Dari firman hari ini, aku belajar tentang:

GBI Keluarga Allah Global Cell Church
www.gbika.org | www.impactchannel.tv
Call Center+: 0899-789-5000
❀ Love God, πŸ’“Love People, πŸ”₯with Passion