KARAKTER MUSA [RAKA JOTFUL]

Bacaan: Keluaran 3:1-22

Rhema: Ibrani 11:27
Karena iman maka ia telah meninggalkan Mesir dengan tidak takut akan murka raja. Ia bertahan sama seperti ia melihat apa yang tidak kelihatan.

 

Shalom Sahabat Fligo! Hari ini kita akan belajar bagaimana karakter Musa. Setelah lari dari Mesir, Musa hidup di tanah Midian selama 40 tahun. Musa rela dibentuk dahulu dan dia perlu mengalami perjumpaan secara pribadi dengan Tuhan sebagai dasar yang kuat baginya untuk memimpin umat pilihan Tuhan.

Setelah mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan dalam bentuk semak belukar yang menyala namun tidak terbakar, Musa meresponi apa yang Tuhan perintahkan kepadanya, yaitu membawa bangsa Israel menjadi penyembah Tuhan. Musa hanya mau bertindak jika memang Tuhan yang perintahkan. Sikap ini merupakan sikap penundukan diri yang luar biasa kepada Tuhan, yaitu dengan menempatkan Tuhan sebagai pemimpin utama atas bangsa Israel dan Musa hanyalah hamba-Nya.

Ketika bangsa Israel melakukan penyembahan kepada patung lembu emas dan mendukakan hati Tuhan. Tuhan memutuskan bahwa Ia tidak akan berjalan bersama Israel ke Tanah Perjanjian, dan menyuruh malaikat yang menuntun mereka, tetapi Musa menolak untuk disuruh berangkat dari padang gurun Sinai ke Tanah Perjanjian jika bukan Tuhan sendiri yang memimpin dia dan bangsa Israel.  Sikap seperti ini merupakan hal yang luar biasa. Musa menunjukkan bahwa bagi dia penyertaan Tuhan adalah segala-galanya.

Proses yang ia alami selama 40 tahun di padang gurun mengubah hatinya yang keras dan arogan dari hasil kehidupan dan didikan Mesir, menjadi hati yang sangat lembut. Alkitab mengatakan bahwa Musa memang orang yang berhati lembut. Tidak heran Tuhan begitu membelanya. Yesus berkata dalam Matius 5:5 bahwa orang-orang yang berhati lembutlah yang akan memiliki bumi dan diberkati.

Melihat karakter Musa tersebut, maka tidaklah heran Tuhan bercakap-cakap dengannya berkali-kali dan memberinya kuasa untuk mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat. (W2)

 

Doa hari ini:

Tuhan Yesus, kami mau memiliki karakter seperti Musa. Bentuk setiap kami, agar hidup kami semakin memuliakan-Mu. Dalam nama Yesus, kami berdoa. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Wahyu 14

Pertanyaan hari ini:

  1. Sahabat Fligo, apa saja karakter Musa yang kita temukan dari bacaan hari ini?
  2. Mengapa sifat atau karakter Musa dapat berubah dari sikap seorang pangeran Mesir yang angkuh menjadi seorang pemimpin bangsa Israel yang bijaksana dan lembut hati? Jelaskan secara singkat!
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

GBI Keluarga Allah Global Cell Church
www.gbika.org | www.impactchannel.tv
Call Center+: 0899-789-5000
❤ Love God, 💓Love People, 🔥with Passion