MUJIZAT KESEMBUHAN [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Matius 5:21-43

Rhema: Yohanes 5:4

Sebab sewaktu-waktu turun malaikat Tuhan ke kolam itu dan menggoncangkan air itu; barangsiapa yang terdahulu masuk ke dalamnya sesudah goncangan air itu, menjadi sembuh, apapun juga penyakitnya.

 

Kolam Betesda dalam bahasa Israel berarti Rumah Anugerah atau Rumah Kemurahan. Bangsa Yahudi percaya saat malaikat Tuhan datang mengguncangkan air di kolam itu maka siapapun yang berhasil masuk di kolam tersebut akan disembuhkan dari segala penyakit. Kolam Betesda atau Kolam Atas sudah ada sejak zaman raja Hizkia, nabi Yesaya hingga kedatangan Tuhan Yesus. Tetapi kolam ini sempat dipakai untuk memuja dewa kesembuhan yakni Dewa Asclepius. Bangsa Yahudi sempat jatuh dalam dosa karena percaya kepada dewa ini.

Allah melihat hati bangsa Israel. Orang yang berada di kolam mengubah kepercayaan sebelumnya dengan menyatakan air berguncang karena malaikat yang diutus Tuhan mau memberi terang kesembuhan. Karena Tuhan melihat hati bangsa Israel maka kesembuhan pun diberikan.

Namun pada akhirnya Tuhan Yesus datang dan menyembuhkan orang lumpuh yang sudah menantikan kesembuhan 38 tahun. Disitu pula lah Tuhan menyatakan kesembuhan bukan terjadi karena tempat. Namun karena iman percaya kita akan Allah.

Dalam mujizat kesembuhan, hidup kita membutuhkan satu transformasi total. Kalau kita sungguh-sungguh mau sembuh maka kita tidak lagi menjalani hidup kita yang lama dan gaya hidup kita akan berubah total. Maukah kita sembuh? Alkitab berkata, di dalam Kristus kita adalah ciptaan baru. Yang lama sudah berlalu, jangan hidup seperti yang dulu lagi. (W2)

Doa hari ini:

Allah Bapa, kami percaya kesembuhan kekal sudah Kau berikan melalui karya salib anak-Mu, yakni Tuhan kami Yesus Kristus. Kami tangkap janji kesembuhan itu dengan iman.Β  Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Bacaan Alkitab setahun: Lukas 21

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Sahabat Fligo, meski bangsa Israel bangsa yang tegar tengkuk namun tetap dikasihi Tuhan. Jelaskan pernyataan ini dikaitkan dengan mujizat di kolam Betesda!

2.Dalam ayat bacaan hari ini, Tuhan Yesus berkata iman-mu yang telah menyelamatkan-Mu. Apa maksud perkataan Tuhan Yesus dikaitkan dengan Markus 5:21-43?

  1. Dari firman hari ini, aku belajar tentang:

GBI Keluarga Allah Global Cell Church
www.gbika.org | www.impactchannel.tv
Call Center+: 0899-789-5000
❀ Love God, πŸ’“Love People, πŸ”₯with Passion