BELAJAR DARI SI BUNGSU DAUD [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Matius 25:14-30

Rhema: Mazmur 146:2
Aku mau memuji TUHAN selama hidupku dan menyanyi bagi Allahku selama aku ada.

 

Daud adalah bungsu dari delapan bersaudara anak Isai. Dia memiliki kakak-kakak yang hebat dengan paras gagah perkasa. Sementara sebagai anak bungsu, Daud memiliki tubuh yang masih kecil. Kesukaan Daud adalah memuji Tuhan dengan talentanya bermain kecapi. Di saat dia menggembalakan domba, Daud sungguh-sungguh memetik kecapi memuji Tuhan sehingga terciptalah Mazmur 23.

Tuhan sungguh melihat hati Daud. Meski masih belia dan talenta yang dimiliki Daud saat itu hanya memetik kecapi, namun perkenanan Tuhan atas hidup Daud membuat Daud diurapi Samuel menjadi raja yang akan menggantikan Saul.

Setelah diurapi Samuel, Daud tidak langsung menggantikan Saul. Daud tetap masih menggembalakan domba bahkan mengantarkan bekal untuk kakak-kakaknya di medan perang. Tetapi Daud tidak mengeluh kepada Tuhan, Daud tetap rajin memuji Tuhan dengan talentanya. Hal inilah yang sangat menyukakan hati Tuhan. Dengan perkenanan Tuhan, Daud dapat membunuh Goliat hanya dengan ketapel dan batu kecil. Talenta keahlian melempar ketapel hanyalah talenta sederhana namun bersama Tuhan bisa menjadi talenta yang luar biasa.

Dalam perjalanan membawa tabut perjanjian pun Daud tidak malu menari dan bermazmur sepanjang perjalanan meski saat itu Daud sudah menjadi raja. Daud tetap memuji dan bermazmur bagi Tuhan. Marilah Sahabat Fligo kita belajar dari Daud, pergunakan semua talenta yang Tuhan berikan kepada kita untuk memuliakan Tuhan. Setia mengembangkan talenta yang ada akan menyukakan hati Tuhan. Tuhan akan mempercayakan lebih banyak talenta di dalam hidup kita. (W2)

 

Doa hari ini:
Tuhan Yesus, kami mau menjadi seperti Daud yang setia mengembangkan talenta. Bantu kami agar kami dapat mengembangkan talenta kami untuk memuliakan nama-Mu saja. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: 1 Timotius 4

Pertanyaan hari ini:

  1. Sahabat, mengapa Tuhan memberi talenta yang semakin banyak di dalam hidup Daud?
  2. Apakah Tuhan pilih kasih saat kita memiliki bakat tidak sebanyak teman kita? Jelaskan jawaban Sahabat Fligo secara singkat!
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang: