YUNUS [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Yunus 1-2

Rhema: 1 Yohanes 1: 9

Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

 

Sahabat Fligo pasti sudah sering mendengar kisah tentang nabi Yunus di perut ikan. Awalnya Yunus diutus Tuhan ke Niniwe untuk menyuruh mereka bertobat tetapi Yunus malah melarikan diri ke Tarsis.

Niniwe adalah kota yang sangat berdosa dan kejam. Mungkin itu salah satu alasan Yunus melarikan diri dari tugasnya. Mungkin Yunus berpikir bahwa bangsa yang kejam seperti Niniwe pantas dibinasakan karena dosanya. Dengan alasan apapun, tetap saja Yunus salah karena tidak taat kepada Tuhan. Tetapi Tuhan tetap mengasihi Yunus, Tuhan tidak membinasakan Yunus. Sampai akhirnya Yunus mengakui kesalahannya dan taat kepada perintah Tuhan untuk pergi ke Niniwe.

Sahabat Fligo, ketika kita melakukan kesalahan, mungkin kita punya berbagai macam alasan. Contohnya, membantu teman dengan cara memberikan contekan, berbohong kepada guru agar teman kita tidak dimarahi, mencuri uang mama untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan, berbohong dengan alasan kebaikan untuk orang lain, dan sebagainya. Apapun alasannya, dosa tetaplah dosa. Yunus akhirnya menyadari kesalahannya dan mengakuinya di hadapan Tuhan.

Bila kita melakukan kesalahan, kitapun harus berani mengakui kesalahan kita. Jangan mencoba membenarkan kesalahan kita dengan berbagai macam alasan. Tuhan yang maha pengampun dan penyayang pastilah akan memaafkan dan memulihkan hidup kita. (LC)

Doa hari ini:

Tuhan, aku memohon ampun untuk setiap kesalahanku baik yang disengaja maupun tidak. Terima kasih buat kasih-Mu dan pengampunan yang Engkau berikan atas hidupku. Amin.

Bacaan Alkitab setahun: Yohanes 4

Pertanyaan hari ini:

  1. Apa yang harus kita lakukan bila kita sadar telah berdosa atau melakukan kesalahan?
  2. Sudahkah Sahabat Fligo mengaku dosa/kesalahan kepada Tuhan?
  3. Dari firman hari ini, aku belajar tentang:

GBI Keluarga Allah Global Cell Church
www.gbika.org | www.impactchannel.tv
Call Center+: 0899-789-5000
❤ Love God, 💓Love People, 🔥with Passion