PENGUASAAN DIRI [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Galatia 5:16-26

Rhema: 1 Petrus 4:7

Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.

Apakah kalian masih ingat permainan Simson, Delila dan singa yang dimainkan di Kids Impact? Simson menang melawan singa, namun Simson kalah melawan Delila. Meskipun Simson adalah orang yang diurapi Tuhan dengan kekuatan super, namun dia malah kalah oleh godaan seorang wanita bernama Delila. Karena terus menerus dibujuk oleh Delila, akhirnya Simson tidak kuat menahan dirinya. Simson memberitahu Delila rahasia hidupnya, sehingga Simson mulai ditundukkan oleh rayuan Delila. Simson ditangkap musuhnya dan hidupnya menjadi mengenaskan, padahal dulunya dia adalah pahlawan gagah perkasa. Itu adalah konsekuensi/ganjaran yang harus ditanggung Simson karena dia jatuh dalam godaan Iblis.

Sahabat Fligo, belajar dari kisah Simson, Tuhan ingin kita bisa memiliki pengendalian diri. Tuhan mengajarkan kepada kita untuk dapat menahan diri dari godaan-godaan Iblis. Godaan Iblis itu memang terlihat menyenangkan dan enak, namun sebenarnya itu hanyalah kenikmatan sesaat. Pasti ada ganjaran/akibat yang harus kita tanggung bila kita melakukan dosa. Tuhan tidak ingin hidup kita menjadi menderita akibat dari melakukan dosa. Tuhan mau kita menang melawan godaan Iblis. Salah satu buah Roh adalah penguasaan diri. Saat Roh Kudus tinggal dalam hati kita, biarkan Dia membimbing hidup kita sehingga kita bisa menguasai diri kita dan menang melawan godaan. (LC)

 

Doa hari ini:
Roh Kudus, bimbing aku supaya aku bisa memiliki iman yang teguh. Aku mau menguasai diriku dari segala godaan. Tolong aku ya Tuhan. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Kejadian 31

Pertanyaan hari ini:

  1. Coba sebutkan contoh godaan Iblis yang pernah Sahabat alami.
  2. Mengapa Tuhan mau kita memiliki penguasaan diri?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

GBI Keluarga Allah Global Cell Church
www.gbika.org | www.impactchannel.tv
Call Center+: 0899-789-5000
❤ Love God, 💓Love People, 🔥with Passion