DAE JANG GEUM [RAKA JOYFUL]

Bacaan: 1 Samuel 3: 1-21

 

Rhema: 1 Samuel 3: 10b

Dan Samuel menjawab : “Berbicaralah, sebab hamba-Mu ini mendengar.”

Jang Geum kecil adalah anak yang cerdas dan selalu ingin tahu. Ia ingin sekali menjadi dayang istana dan hal itu mengharuskannya tinggal di istana untuk mendapatkan pelatihan bagi calon dayang.

Suatu pagi guru memintanya untuk membawakan air, dan demikian pula keesokan harinya. Berbagai macam air sudah dibawanya tapi gurunya tidak berhenti menyuruhnya. Ia tidak menolaknya dan tetap melakukannya sampai pada akhirnya ia tahu maksud dari gurunya.

Jang Geum juga diperintahkan untuk mengumpulkan 100 tanaman herbal. Meski dibatasi waktu yang singkat Jang Geum berhasil melakukannya. Bahkan saat Jang Geum ditugaskan ke kebun kerajaan, ia berhasil menanam tanaman obat yang langka. Dengan kepandaiannya, ia mampu menyembuhkan penyakit kaisar. Karena ketaatannya itu ia mendapatkan kasih karunia dari gurunya bahkan kaisar mengangkat Jang Geum sebagai dokter perempuan pertama pada masa pemerintahan di dinasti Joseon di Korea.

Sahabat di Alkitab juga dicatat bagaimana Samuel sejak kecil sudah hidup terpisah dari orang tuanya. Ia hidup dibawah asuhan imam Eli. Meski demikian Samuel tumbuh menjadi anak yang penurut, ia tidak hanya taat pada imam Eli tapi juga kepada Allah. Ia selalu melakukan apa yang diperintahkan Allah, sehingga Allah disukakan.

Dan demikian juga dengan kita, Sahabat. Sudah seharusnya kita senantiasa taat dan melakukan apa yang diperintahkan Allah. Jadi, sudahkah Sahabat taat pada Allah? Jadilah anak yang taat dan selalu melakukan apa yang diperintahkan Allah. (R2TAN)

Doa hari ini:

Tuhan, sungguh kuberterimakasih atas berkat-berkat-Mu. Ajarku senantiasa taat dan melakukan perintah-Mu, agar hidupku menyenangkan-Mu. Amin.

Bacaan Alkitab setahun: Bilangan 6

Pertanyaan hari ini:

  1. Siapakah nama ayah dan ibu Samuel?
  2. Siapakah yang diangkat menjadi dokter perempuan pertama di Korea pada masa Dinasti Joseon?
  3. Dari firman hari ini, aku belajar tentang:

GBI Keluarga Allah Global Cell Church
www.gbika.org | www.impactchannel.tv
Call Center+: 0899-789-5000
❤ Love God, 💓Love People, 🔥with Passion