MUSA [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Keluaran 2

Rhema: Keluaran 2: 10

Ketika anak itu telah besar, dibawanyalah kepada puteri Firaun, yang mengangkatnya menjadi anaknya, dan menamainya Musa, sebab katanya: “Karena aku telah menariknya dari air.”

 

Ia lahir di tengah kekacauan. Ya, ia lahir sebagai pendatang di negeri orang, negeri yang mereka duduki karena leluhur mereka pernah menjadi penguasa di negeri itu. Namun keadaan sudah berubah, penguasa yang sekarang memandang mereka sebagai ancaman sehingga berikhtiar untuk membunuh setiap anak laki-laki yang lahir.

Keluarganya terpaksa menyembunyikannya beberapa waktu lamanya. Karena waktu pulalah membuat orang tuanya, menghanyutkannya di Sungai Nil dengan harapan ia akan ditemukan oleh putri Firaun. Dan benar saja ia ditemukan oleh putri Firaun sehingga ia dinamai Musa. Musa hidup dan besar sebagai keluarga kerajaan. Namun itu tidak membuat ia lupa pada kaumnya. Karena ia menjadi pelarian ke tanah Midian karena kedapatan membunuh orang Mesir yang menganiaya salah seorang kaumnya.

Di Midian ia bekerja sebagai penggembala domba. Dan suatu hari ia melihat semak berapi namun tidak terbakar. Dan tenyata itulah panggilan Tuhan baginya untuk memimpin bangsanya keluar dari tanah Mesir. Ia kembali pada bangsanya dan mulai memimpin bangsanya keluar dari tanah Mesir.

Sahabat Fligo tentu hapal dengan 10 tulah, ya. Tentu ingat juga bagaimana Musa membelah Laut Teberau. Bahkan lewat kepemimpinan Musa Tuhan memberikan 10 Hukum Allah. Dan masih banyak lagi yang Musa kerjakan. Dan dari Musa kita bisa belajar akan ketaatan, kelemahlembutan dan kepemimpinan. Sudahkah kita melakukannya? Belajar ketaatan, kelemahlembutan dan kepemimpinan dari Musa. (R2TAN)

Doa hari ini:

Bapa, terima kasih Engkau senantiasa memelihara kami sampai pada hari ini. Seperti Engkau memelihara bangsa Israel di bawah kepemimpinan Musa. Bapa, kami pun mau belajar taat dan setia seperti Musa. Tetap bersikap lemah lembut dan rendah hati. Ajar kami Bapa, terima kasih. Amin. 

 

Pertanyaan hari ini:

  1. Siapakah nama ayah dan ibu Musa ? (Keluaran 6: 20)
  2. Keteladanan apa yang bisa kita pelajari dari Musa ?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

Bacaan Alkitab setahun: Matius 15

GBI Keluarga Allah Global Cell Church
www.gbika.org | www.impactchannel.tv
Call Center+: 0899-789-5000
❤ Love God, 💓Love People, 🔥with Passion