PERLINDUNGAN TUHAN [RAKA JOYFUL]

Bacaan: Keluaran 14:13-20

Rhema: Keluaran 14:14
TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.“

 

Shalom Sahabat Fligo! Kemarin kita sudah membaca tentang bangsa Mesir yang dipimpin oleh Firaun mengejar bangsa Israel dan bangsa Israel terjebak! Di depan mereka ada laut yang membentang luas, dan di belakang mereka ada bangsa Mesir yang mengejar dari kejauhan. Dalam keadaan seperti ini, bangsa Israel ketakutan, tetapi Musa berusaha menguatkan hati bangsa Israel.

Musa mengerti betul bahwa Tuhanlah yang mempunyai misi untuk mengeluarkan bangsa Israel dari perbudakan Mesir. Musa juga sudah melihat bagaimana Tuhan membimbingnya untuk mengadakan 10 tulah yang masing-masing ajaib kejadiannya. Hayoo masih ingat tidak ke-10 tulah tersebut? Karena itu Musa bisa dengan percaya diri berkata bahwa Tuhan akan menyelamatkan mereka (ayat 13) dan Tuhan yang akan berperang untuk mereka (ayat 14).

Lalu di ayat 19 dan 20 kita bisa membaca bahwa malaikat Tuhan yang tadinya ada di depan bangsa Israel, pindah ke belakang bangsa Israel. Begitu juga dengan tiang awan pindah juga ke belakang.

Malaikat Tuhan dan tiang awan ini adalah lambang kehadiran Tuhan. Saat mereka pindah ke belakang dikatakan bahwa ada kegelapan kepada bangsa Mesir sehingga bangsa Mesir tidak bisa mendekat semalam-malaman ke arah bangsa Israel.

Sekalipun bahaya itu nyata, dan bahaya itu dekat, tapi saat Tuhan yang menjaga, bahaya itu tidak bisa sampai kepada bangsa Israel. (Crf)

 

Doa hari ini:

Terima kasih Tuhan Yesus, untuk kebaikkan-Mu dalam hidupku. Hari ini kami belajar bahwa apa pun bahaya yang kami hadapi, ada Tuhan yang senantiasa menjaga hidup kami. Terima kasih Tuhan. Amin.

 

Bacaan Alkitab setahun: Kejadian 6

Pertanyaan hari ini:

  1. Apa yang Tuhan lakukan untuk melindungi bangsa Israel dari kejaran Mesir?
  2. Apa bahaya yang pernah Sahabat hadapi? Dan bagaimana Tuhan menolong Sahabat?
  3. Dari Firman hari ini, aku belajar tentang:

GBI Keluarga Allah Global Cell Church
www.gbika.org | www.impactchannel.tv
Call Center+: 0899-789-5000
❤ Love God, 💓Love People, 🔥with Passion