Rancangan Yang Lebih Besar

BACAAN HARI INI
Yeremia 29:1-23

RHEMA HARI INI
Yeremia 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Pada suatu malam seorang pendeta mengadakan rapat dengan majelis gerejanya untuk membahas suatu persoalan yang amat mendesak. Ruangan kebaktian dirasakan terlalu kecil dan sempit, sehingga perlu sekali diadakan perombakan total supaya ruang kebaktian menjadi lebih besar. Rapat berlangsung dengan baik, dan akhirnya semua sepakat untuk segera saja membongkar bangunan lama dan memulai pembangunan gedung gereja baru yang lebih luas. Mereka berdoa supaya Tuhan memberkati rencana renovasi gedung ibadah mereka. Dengan keputusan seperti itulah para peserta rapat pulang kerumah dan tidur dengan nyenyak. Tetapi…… apakah yang terjadi ? Tengah malam terjadilah kebakaran besar, dan gedung gereja itu pun ternyata hancur dimakan oleh si jago merah. Ketika pagi harinya bapak pendeta beserta para majelis gereja mengunjungi gedung gereja, yang mereka lihat hanyalah puing-puing belaka. Menghadapi kenyataan yang demikian pahit, mereka tidak habis pikir: Mengapa Tuhan membiarkan peristiwa ini terjadi? Bukankah mereka baru tadi malam merencanakan untuk membangun bangunan baru? Namun kalau waktunya demikian cepat mereka sama sekali belum siap. Oleh karena kebaktian tidak dapat ditunda-tunda, maka akhirnya semua sepakat untuk menyewa sebuah gedung teater yang ukuran bangunannya besar sekali untuk dipakai kebaktian. Mula-mula mereka merasa agak canggung, sebab anggota jemaat yang hadir hanya memenuhi seperempat gedung yang besar itu saja. Tetapi bapak pendeta itu melayani dengan penuh ketekunan dan semangat yang berapi-api, sehingga dalam waktu beberapa bulan saja gedung teater itu sudah semakin penuh dan semakin penuh, sehingga sudah mencapai 90% penuh! Luar biasa! Roh Tuhan bekerja dengan heran di tengah-tengah jemaat yang berbakti di gedung teater ini. Akhirnya diputuskanlah untuk membeli saja gedung teater yang besar itu, sehingga dengan resmi berdirilah sebuah gereja dengan jumlah anggota yang cukup besar; jauh lebih besar daripada perkiraan bapak pendeta dan majelis gereja! Pada saat peresmian gedung gereja yang megah ini, bapak pendeta memberikan sambutannya yang menekankan bahwa pada waktu gedung gereja yang lama terbakar habis, semua orang tidak mengerti apa maksud Tuhan. Tetapi setelah sekian waktu berlalu, semuanya baru mengerti apa rencana Tuhan yang sebenarnya. Apabila gedung yang lama tidak terbakar, paling-paling mereka akan merenovasi gedung baru yang sedikit lebih besar daripada yang lama, tetapi jauh lebih kecil daripada gedung teater yang kini mereka tempati, sebab hanya sampai sebegitu sajalah visi dan iman mereka. Tetapi, Tuhan mempunyai rencana lain dengan memindahkan mereka ke gedung teater ini, sehingga akhirnya jumlah jemaat berlipat kali ganda, dan gedung ini pun ukurannya jauh lebih besar daripada gedung yang tadinya direncanakan untuk dibangun. Demikianlah rencana Tuhan yang berlawanan dengan rencana manusia !

Mungkin doa Anda saat ini tidak dijawab Tuhan seperti yang Anda harapkan… Percayalah bahwa itu artinya Tuhan memiliki rencana yang lebih besar bagi hidup Anda. Jangan kecewa, sebaliknya bersyukurlah dan ikutilah apa yang menjadi rancangan Tuhan, maka Anda akan terus dibawa Tuhan dari kemuliaan kepada kemuliaan yang lebih besar lagi!

RENUNGAN
Kalau Tuhan TIDAK MENJAWAB doa kita, artinya Tuhan sedang merencanakan SESUATU YANG LEBIH BAIK bagi kita.

APLIKASI
Bagaimana Anda menanggapi jawaban doa dari Tuhan yang berbeda dengan yang Anda harapkan ?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan kami bersyukur, kami percaya rancangan-MU itulah yang lebih baik bagi hidup kami. Terimakasih Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Imamat 26-27