RASA BERSALAH YANG BENAR MENGHINDARKAN KITA DARI KEBINASAAN

BACAAN HARI INI

Roma 12:1-8

RHEMA HARI INI

Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna

Dahsyatnya letusan gunung berapi, merupakan fenomena mengerikan yang kedatangannya senantiasa menghantui manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Letusannya bukan hanya dapat menghancurkan satu kota, bahkan juga mempengaruhi iklim global. Kita bersyukur di zaman yang semakin maju ini, telah ditemukan alat-alat yang dapat mengetahui status bahaya suatu gunung berapi. Dengan menempatkan sensor-sensor di atas gunung berapi aktif, para ahli dapat mengetahui aktivitas gunung berapi. Sehingga ketika menunjukkan tanda-tanda hendak meletus, masyarakat disekitarnya bisa memperoleh peringatan dini dan sempat menyelamatkan diri. Tanpa peringatan, tentu korban jiwa akan jauh lebih banyak karena terlambat mengungsi.

Sebelum naik ke surga, Tuhan Yesus menganugerahkan kepada kita, seorang penolong yang lain, yaitu Roh Kudus. Sesuai dengan nama-Nya, Dialah yang akan menolong, menghibur dan menuntun kita pada keselamatan. Jika kita hidup melekat dengan Roh Kudus, maka Dia akan mengubahkan kita dengan pembaharuan budi sehingga kita dapat membedakan, mana kehendak Allah, apa yang baik, yang berkenan pada Allah dan yang sempurna (Roma 12:2). Apa yang benar dimata manusia dan dunia, belum tentu benar di mata Allah. Jika tidak ada Roh Kudus yang memberikan sinyal-sinyal peringatan jika kita hendak salah melangkah, bisa-bisa kita berbuat dosa tanpa merasa bersalah.

Seperti Kain, karena tidak merasa bersalah, ia tidak bertobat dan kehilangan kasih karunia Tuhan. Gara-gara tidak merasa bersalah, orang-orang Sodom dan Gomora binasa dalam dosa mereka. Gara-gara tidak merasa bersalah, Raja Saul kehilangan perkenanan Tuhan, sehingga ia kehilangan kekuasaan dan bahkan kehilangan nyawanya. Rasa bersalah dari Roh Kudus adalah rasa bersalah yang benar, yang membawa kita pada keselamatan. Segera responi dengan cepat mengakui kesalahan kita pada Tuhan, memohon ampunan dan bertobat sungguh-sungguh. Tidak usah malu untuk meminta maaf atau berbuat sesuatu untuk memperbaiki keadaan. Dengan demikian Roh Kudus akan bebas berkarya dan kita akan menerima kasih karunia yang besar dari Tuhan.

RENUNGAN

TANPA RASA BERSALAH yang benar, kita bisa BINASA.

APLIKASI

1. Apakah yang di maksud dengan rasa bersalah yang benar?
2. Mengapa Anda perlu merasa bersalah yang benar?
3. Cobalah uji dan koreksi diri Anda dengan firman Tuhan untuk mengetahui apakah rasa bersalah Anda sudah benar?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, kami mau terus diingatkan dan diperbaharui sehingga kami semakin berkenan di mata-Mu. Bimbing dan beri kami kekuatan untuk taat sehingga kami boleh mengalami janji-Mu yang ajaib terjadi atas hidup kami. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!