RASA KESATUAN DAN KEBERSAMAAN JANGAN SAMPAI LUNTUR

BACAAN HARI INI

Ibrani 10:19-39

RHEMA HARI INI

Ibrani 10:24 Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.

Alkisah, dalam tubuh manusia, hiduplah 4 bersaudara. Mereka adalah Wajah, Tangan, Kaki dan Perut. Suatu hari Kaki berkata, “Ah, aku ini memang yang paling penting dari antara kalian. Sebab tanpa kaki, manusia tidak akan bisa pergi kemana-mana.” Tangan seketika menyahut,” Hei, tanpa tangan, manusia tidak akan bisa bekerja dan mencari makan!” Wajah tak kalah congkak berkata, “Kalian sama sekali tak penting jika dibandingkan aku. Manusia itu dihargai dan dikagumi karena wajah yang tampan dan cantik. Lagipula, akulah yang memiliki panca indera. Jadi jelas aku yang paling hebat dan paling penting.” Perut yang dari tadi diam, akhirnya ikut angkat bicara. “Kaki, kau mungkin lebih kuat dariku. Tangan lebih pintar dan Wajah lebih menarik tampilannya dibanding aku. Tapi sebenarnya, akulah yang paling penting. Sebab tanpa aku, kalian semua tak kan ada gunanya!”
Yang lain tentu saja marah mendengar perkataan Perut. Merekapun sepakat untuk tidak mau mencarikan makanan buat Perut. Perut pun tidak menerima makanan selama berhari-hari dan menjadi sangat lemah. Tapi akibatnya, Tangan dan Kaki menjadi lemas dan tidak bisa bergerak. Wajah yang tadinya tampan, kini menjadi sering meringis kesakitan. Kaki, Tangan dan Wajah menyadari kesalahan mereka. Bahwa mereka tidak bisa hidup sendiri tanpa yang lain. Pertengkaran pun berakhir, mereka kini bersatu dan bahu membahu dalam segala hal.
Tuhan itu selalu rindu agar rasa kesatuan dan kebersamaan dalam tubuh Kristus tidak pernah luntur. Tuhan tidak ingin ada hati yang dingin satu sama lain dan merasa tidak terlalu saling membutuhkan. Spirit menutup diri seperti ini sangat berkembang di akhir jaman. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Jaga jarak yang yang dianjurkan pemerintah, bisa jadi keterusan menjadi jauh di hati. Sadarilah jika kita ingin mengalami kemuliaan yang lebih besar, di butuhkan kebersamaan, kesatuan dan kerja sama dari semua pihak. Mariah kita saling memperhatikan, dan saling mendorong serta menguatkan dalam kasih, untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang baik. Sehingga kemuliaan Tuhan yang lebih besar dan lebih terang sungguh-sungguh segera dinyatakan dalam hidup setiap kita. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

Tuhan rindu agar RASA KESATUAN dan KEBERSAMAAN dalam tubuh Kristus TIDAK PERNAH LUNTUR.

APLIKASI

1. Apakah Anda merasa kesatuan dan kebersamaan Anda dengan anggota tubuh Kristus yang lain mulai luntur?
2. Apakah yang menyebabkannya?
3. Bagaimana cara Anda untuk membangkitkan kembali rasa kesatuan dan kebersamaan dengan anggota tubuh Kristus yang lain?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, terimakasih Engkau telah mengingatkan kami akan pentingnya menjaga kesatuan dan kebersamaan di antara kami. Kami sadar jika kami tidak bisa berbuat banyak jika kami sendirian saja. Kiranya Roh kesatuan turun atas setiap kami dan membuat hati yang mulai dingin kembali menyala-nyala. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!