TETAP PERCAYA SEKALIPUN BELUM MELIHAT (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 116-118
1 Korintus 7:1-19

RHEMA HARI INI
Mazmur 73:22-23 aku dungu dan tidak mengerti, seperti hewan aku di dekat-Mu. Tetapi aku tetap di dekat-Mu; Engkau memegang tangan kananku.

Bethany Meilany Hamilton, seorang wanita dari Lihue, Hawaii, sudah dikenalkan dengan papan selancar sejak berusia dua tahun. Pada usianya yang ke-8, ia berhasil menjuarai kompetisi selancar perdananya. Namun, menjelang akhir 2003, seekor ikan hiu berukuran lima meter menyerangnya dan memutuskan lengannya sebatas pundak. Ia kehilangan darah lebih dari 60% serta mengalami Hypovolemic Shock—gangguan jantung karena kekurangan darah. Namun kurang dari satu bulan, Hamilton sudah kembali ke atas papan selancarnya. Semangat dan kegigihannya tidak sia-sia, ia berhasil menjuarai ajang NSSA National Competition di tahun 2005, bahkan menduduki peringkat pertama di lebih dari lima kompetisi paska tragedi itu.

Pelajaran berharga yang kita peroleh dari sosok Hamilton adalah keyakinan dan kegigihannya. Ia pernah berkata, “Berselancar membuat saya mendapat pelajaran hidup. Ketika Anda terbentur pada satu ombak, Anda harus segera bangkit, sebab Anda tidak tahu apa yang ada pada ombak berikutnya. Apa pun bisa terjadi. Apa pun.” Keyakinan seperti ini juga dapat kita lihat pada salah satu tokoh alkitab, yaitu Abraham. Ia tetap yakin dan memilih percaya kepada Tuhan, dengan tetap berangkat meninggalkan kota tempat asalnya menuju negeri yang dijanjikan Tuhan, sekalipun ia belum mengerti apa yang sedang Tuhan kerjakan atas hidupnya (Ibr. 11:8).

Ya, iman membuat kita tetap percaya kepada Tuhan, sekalipun kita belum bisa mengerti apa sesungguhnya yang sedang Tuhan kerjakan bagi kita. Apa pun keadaan kita saat ini, mungkin kita sedang menghadapi badai keuangan, badai rumah tangga, atau mungkin sakit-penyakit yang tidak kunjung membaik, hari ini, Tuhan ingin kita tetap percaya kepada-Nya dan menguatkan iman kita. Jangan sampai kita menyerah hanya karena satu ombak. Tetaplah bangkit dan melangkah bersama Tuhan dalam perjanjian damai-Nya. Karena kita tidak tahu pada ombak berikutnya, mungkin Tuhan sudah menyediakan kemenangan, pemulihan, kesembuhan, dan hujan berkat bagi kita. Sebab kita tahu, Allah turut bekerja dalam segala perkara untuk mendatangkan kebaikan bagi kita semua.

RENUNGAN
IMAN membuat kita TETAP BISA PERCAYA kepada Tuhan, sekalipun BELUM BISA MENGERTI semua yang sedang dikerjakan-Nya.

APLIKASI
1. Bagaimana sikap atau respons hati Anda selama ini saat menghadapi permasalahan dalam hidup Anda?
2. Sudahkah Anda memiliki iman dalam menghadapi badai persoalan dalam hidup Anda? Jika sudah atau belum, apa alasan Anda?
3. Bagaimana supaya Anda memiliki iman dalam menghadapi hari-hari Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih untuk rancangan-rancangan terbaik-Mu bagi hidup kami. Ajar kami untuk tetap dapat percaya dan mengandalkan-Mu dalam segala kondisi kami. Karena kami tahu, Engkau senantiasa memegang kendali atas hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”