MEMBUANG HATI YANG SERONG [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 20-21
Yakobus 5

BACAAN HARI INI
Amsal 17:17-28

RHEMA HARI INI
Amsal 17:20 Orang yang serong hatinya tidak akan mendapat bahagia, orang yang memutar-mutar lidahnya jatuh ke dalam celaka.

Hari-hari ini kita patut merasa prihatin. Pada masa kini sepertinya perselingkuhan atau perzinahan bukan lagi hal yang tak lazim. Entah suami atau istri yang hatinya mendua. Semua seperti sudah jadi kisah yang rutin didengar. Inilah salah satu faktor yang sering kali menjadi penyebab retaknya keharmonisan dalam sebuah rumah tangga. Ketika salah satu dari suami atau istri melakukan perselingkuhan, ketidakjujuran, atau serong hatinya. Ketika dalam hati mereka, keluarga bukan lagi yang menjadi nomor satu, itu adalah tanda bahwa hati mereka telah serong.

Pada ayat rhema hari ini, dengan sangat jelas dikatakan bahwa “orang yang serong hatinya tidak akan mendapat bahagia.” Serong di sini berbicara tentang hati yang tidak lurus dan tidak benar. Ada sesuatu yang disembunyikan. Pada akhirnya, hal itu membuat seseorang mengambil keputusan untuk berbohong pada pasangan. Hal tersebut ibarat bom waktu. Seperti bom yang punya daya rusak, perselingkuhan pun mempunyai daya rusak luar biasa. Secara psikologis, perselingkuhan dapat menghancurkan fondasi utama sebuah pernikahan, yaitu kepercayaan, dan sekaligus menimbulkan murka Allah karena telah merusak perjanjian kudus yang telah dimeteraikan oleh Tuhan.

Ketika seseorang sudah serong hatinya, orang tersebut pasti tidak akan tenang hatinya, tidak dapat merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya. Sering muncul perasaan bersalah dan sebagainya. Oleh sebab itu, jika kita rindu menerima kebahagiaan yang luar biasa atau uncommon happines, sangat perlu bagi kita untuk membuang jauh-jauh hati yang mulai serong, atau bahkan sudah serong. Akui kesalahan kita dan kembali kepada Tuhan, maka Tuhan akan menunjukkan jalan yang benar kepada kita. Ketika kita berani mengambil langkah untuk berbalik ke jalan yang lurus, maka janji Tuhan adalah ya dan amin. Kebahagiaan yang luar biasa akan kita terima dan pemulihan keluarga pun terjadi.

RENUNGAN
BUANGLAH hati yang SERONG, maka UNCOMMON HAPPINES akan kita alami.

APLIKASI
1. Menurut Anda, apakah definisi dari hati yang serong? Seberapa pentingnya menjaga hati agar tidak serong?
2. Mengapa uncommon happines akan kita alami ketika kita sudah membuang hati yang serong?
3. Apa komitmen Anda untuk menjaga agar hati Anda tidak serong?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, penuhilah hati kami dengan kasih-Mu hingga hati kami berlimpah dengan kasih-Mu. Sehingga kami bisa terus mengasihi keluarga kami, dan menjaga hati kami agar tidak serong. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”