HAL YANG MEMBUAT KITA GAGAL MENCAPAI RENCANA TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Bilangan 5-6
Markus 4:1-20

RHEMA HARI INI
Ibrani 12:1 Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

Hambar, beku, dan dingin. Seolah-olah tidak merasakan apa-apa. Itulah yang dirasakan ketika seseorang berada dalam kondisi tawar hati. Tawar hati biasanya disebabkan oleh kekecewaan mendalam dan ketidakpercayaan kita akan rencana Tuhan di balik setiap hal buruk yang Dia izinkan terjadi dalam hidup kita. Kondisi hati inilah yang sering kalinya digunakan iblis sebagai salah satu titik lemah untuk mengagalkan rancangan Tuhan yang penuh kemuliaan bagi hidup kita.

Itu juga yang dialami Musa saat ia masih muda. Musa begitu bersemangat karena ia tahu bahwa Tuhan memangilnya untuk menyelamatkan bangsa Israel dari perbudakan Mesir. Sampai-sampai ia melangkah terlalu jauh dengan membunuh seorang Mesir yang memukul orang Israel. Namun kenyataannya, bukannya dipuji atau dibela, Musa malah dikecam oleh orang Israel lainnya! Musa merasakan kesedihan dan kekecewaan yang mendalam. Api yang tadinya menyala seketika padam. Ia memilih untuk undur dan lari menyendiri ke Midian. Bukan hanya karena takut kepada Firaun, tetapi juga karena kecewa terhadap bangsa Israel yang menolaknya.

Seberapa banyak dari kita yang mengalami seperti yang Musa alami? Mungkin ide kita pernah di tolak oleh atasan atau rekan kerja kita. Mungkin yang kita lakukan justru dicela di saat kita berusaha memberikan yang terbaik. Mungkin yang kita perjuangkan tidak pernah dihargai dan dipandang sebelah mata. Hal inilah yang membuat kita kecewa dan mulai kehilangan api semangat kita, sehingga rencana Tuhan seolah gagal tercapai dalam hidup kita. Oleh karena itu, mulai hari ini ambil langkah untuk berdoa agar mengalami pemulihan! Biarkan api Tuhan turun atas kita dan kobarannya memulihkan hati serta membangkitkan api kebangunan rohani di hidup kita. Seperti Musa yang berjumpa dengan api Tuhan dan dibangkitkan kembali, kita pun akan dibangkitkan kembali untuk terus melangkah menapai rencana besar Tuhan atas kita.

RENUNGAN
Ingat, KEKECEWAAN bisa MEMADAMKAN API dan membuat kita GAGAL MENCAPAI RENCANA TUHAN.

APLIKASI
1. Masih adakah kekecewaan yang Anda simpan selama ini? Kekecewaan dalam hal apakah itu?
2. Menurut Anda, mengapa kekecewaan dapat memadamkan api dan membuat kita gagal mencapai rencana Tuhan?
3. Bagaimana cara Anda agar dapat menang dari rasa kecewa dalam hidup Anda? Tuliskanlah.

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, urapi mata rohani kami agar dapat melihat dengan jelas dan percaya pada rancangan-Mu atas setiap kami, sehingga kami boleh dilepaskan dari setiap perasaan kecewa dan berjalan dalam menggenapi setiap rancangan-Mu. Karena kami percaya, rencana-Mu dalam hidup kami adalah yang terbaik. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”