MELEKAT PADA SUMBER HIKMAT YANG TEPAT (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 22-23
1 Petrus 1

RHEMA HARI INI
Mazmur 111:10 Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Puji-pujian kepada-Nya tetap untuk selamanya.

Apa yang akan kita pilih ketika kita menerima tawaran bahwa semua permintaan kita akan dikabulkan? Mungkin ada yang akan meminta mobil, rumah, harta benda, atau jabatan yang tinggi dalam pekerjaan. Namun, jawaban yang berbeda diberikan Salomo saat ditanya Tuhan keinginannya, ia justru memilih hikmat daripada semua kekayaan ataupun jabatan pada saat itu (1 Raj. 3:11-12). Ternyata apa yang dipilih Salomo adalah sesuatu yang jauh lebih berharga daripada harta benda maupun kedudukan di dunia ini, itulah kebijaksanaan dan pengertian.

Ya, dengan hikmat, Salomo bisa memberikan keputusan yang bijaksana. Seperti ketika ada dua orang ibu yang memperebutkan satu bayi, Salomo bisa memberikan keputusan di luar pemikiran manusia pada umumnya. Hikmat memampukan Salomo membedakan apa yang benar dan salah, serta membantunya mengambil keputusan yang adil dan bijaksana. Tidak heran jika di dalam Alkitab dikatakan bahwa sebelum dan sesudahnya tidak ada orang yang memiliki hikmat melebihi Salomo. Tuhan pun menambahkan berkat-berkat lain juga kepadanya, sehingga Salomo menjadi raja yang berhikmat dan memiliki kekayaan sangat banyak.

Dalam menjalani hidup ini, keberhasilan tidak bisa kita capai jika kita hanya mengandalkan diri sendiri atau bergantung pada orang lain. Sepandai apa pun manusia, pasti memiliki keterbatasan. Akan tetapi, dengan hikmat yang daripada Tuhan, kita dimampukan untuk berhasil dalam segala hal. Hikmat juga memegang peranan yang sangat penting yang bisa membuat hidup kita berbuah lebat. Saat kita memiliki hikmat, kita tidak akan salah dalam melangkah maupun mengambil keputusan. Penting bagi kita untuk memahami bahwa sumber hikmat yang tepat adalah Tuhan Yesus. Karena Dia adalah pusat segala kebijaksanaan dan pengertian di muka bumi ini. Oleh karena itu, jika kita rindu hidup kita semakin berbuah, maka andalkan Tuhan sebagai Sumber Hikmat. Mintalah hikmat pada Tuhan , selalu andalkan Tuhan dalam setiap langkah-langkah hidup kita dan lihatlah Dia akan menggenapi perjanjian berbuah lebat bagi kita semua. (LEW)

RENUNGAN
Ketika kita mengandalkan Tuhan sebagai SUMBER HIKMAT, maka kita akan semakin BERBUAH LEBAT.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah mengandalkan Tuhan sebagai sumber hikmat? Jika sudah atau belum, mengapa?
2. Mengapa dengan mengandalkan Tuhan sebagai sumber hikmat Anda akan berbuah lebat?
3. Hal apa yang Anda lakukan sebagai wujud mengandalkan Tuhan sebagai sumber hikmat?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami mau selalu mengandalkan Engkau dalam setiap langkah hidup kami. Karena kami tahu , hanya di dalam-Mu ada keberhasilan dan kemenangan. Engkaulah Sumber Hikmat yang akan membuat kami berbuah lebat di setiap aspek kehidupan kami. Kami rindu, melalui hidup kami, nama-Mu semakin dimuliakan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”