PENGHIBURAN TUHAN DI TENGAH KESUKARAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Bilangan 7-8
Markus 4:21-41

BACAAN HARI INI
Mazmur 71:17-24

RHEMA HARI INI
Mazmur 71:20-21 Engkau yang telah membuat aku mengalami banyak kesusahan dan malapetaka, Engkau akan menghidupkan aku kembali, dan dari samudera raya bumi Engkau akan menaikkan aku kembali. Engkau akan menambah kebesaranku dan akan berpaling menghibur aku.

Seorang ibu menemukan sebuah kepompong kupu-kupu di halaman rumahnya. Suatu hari terlihat sebuah lubang kecil. Lalu ibu ini melihat kupu-kupu sedang berjuang melalui lubang kecil tersebut. Sudah beberapa jam berlalu tanpa hasil. Ibu ini memutuskan untuk menolongnya. Ia mengambil gunting dan membuka kepompong tersebut. Akhirnya kupu-kupu tersebut bisa keluar dengan mudah. Kupu-kupu tersebut mempunyai badan yang besar tetapi sayap yang kecil dan lemah. Ibu ini beharap pada saatnya sayapnya akan membesar dan sanggup menopang tubuhnya. Namun harapannya sia-sia! Kupu-kupu itu tak kunjung terbang, ia hanya bisa merayap.

Ibu tersebut baik hati, tetapi terlalu tergesa-gesa sehingga tidak menyadari bahwa ia telah menjadi penghambat bagi kupu-kupu tersebut. Perjuangan kupu-kupu untuk keluar dari lubang yang kecil kepompongnya sesungguhnya adalah cara Tuhan untuk memindahkan cairan dari tubuh si kupu-kupu ke sayapnya. Jadi, pada waktu kupu-kupu tersebut keluar dari kepompongmya, ia dapat segera terbang. Sama halnya dengan kupu-kupu tersebut, sering kali Tuhan izinkan ada banyak kepompong-kepompong perjuangan yang harus kita hadapi dalam hidup ini, baik itu dalam pekerjaan, karier, cita-cita, keluarga, dsb. Jika Tuhan membiarkan hidup kita tanpa hambatan dan kesulitan, hal itu justru akan melumpuhkan kita. Kita tidak akan pernah mengembangkan potensi dan kekuatan yang sudah Tuhan tanamkan dalam diri kita.

Namun, dalam rhema hari ini dengan sangat jelas berkata bahwa meski Tuhan mengizinkan kesukaran dalam hiup kita, tetapi Dia juga yang akan menghibur, menaikkan, dan bahkan menambah kebesaran kita. Di setiap kesendirian kita, ada Tuhan yang menemani. Di setiap sedih kita, ada Tuhan yang menghibur. Di setiap kesusahan, ada Tuhan yang membuka jalan. Dan di setiap kekurangan, ada Tuhan yang mencukupkan. Tuhan yang akan membawa kita mengalami hal-hal lebih besar dan lebih cepat, serta menyatakan pelangi kemulian-Nya dalam hidup kita.

RENUNGAN
Meski Tuhan mengizinkan kesukaran, tetapi Dia juga yang akan MENGHIBUR, MENAIKKAN dan bahkan MENAMBAH KEBESARAN kita.

APLIKASI
1. Adakah kesukaran atau keseakan yang sedang Anda alami saat ini?
2. Bagaimanakah pandangan Anda selama ini terhadap segala proses yang sedang Anda alami?
3. Apa komitmen Anda untuk mengaplikasikan renungan hari ini dalam kehidupan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus yang baik, terima kasih untuk segala kebaikan-Mu dalam kehidupan kami. Kami melihat penyertaan-Mu begitu sempurna bagi kami. Kami percaya, apa pun yang sedang kami alami saat ini, Engkau tetap ada bersama dengan kami, menghibur dan menguatkan kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”