DAMPAK MENGAKTIFKAN IMAN KITA DI TENGAH KETAKUTAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 119:89-176
1 Korintus 8

RHEMA HARI INI
Markus 11:23 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya.

Masih ingatkah Anda dengan kisah Petrus berjalan di atas air? Saat itu murid-murid Yesus sedang menaiki perahu untuk menyeberangi Danau Galilea. Di tengah perjalanan, tiba-tiba saja datang badai dan angin kencang yang begitu hebat menerjang kapal mereka. Saat semua murid sedang ketakutan, tiba-tiba saja mereka melihat Yesus datang menghampiri mereka dengan berjalan di atas air. Dari semua murid, hanya Petrus yang berani meminta Yesus untuk menyuruhnya berjalan di atas air. Sesaat Petrus berhasil berjalan di atas air, tetapi ia mulai goyah dan ketakutan saat ia merasakan angin berhembus begitu kencang. Pada akhirnya, ia hampir tenggelam. Yesus pun berkata pada Petrus, “Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?” (Mat. 4:31).

Jika kita memerhatikan apa yang terjadi pada Petrus, kegagalannya bukan karena badai yang saat itu sedang terjadi. Juga bukan karena kuasa Tuhan yang tidak bekerja atas hidup Petrus. Terlebih, kita semua tahu bahwasanya Petrus adalah seorang nelayan, yang seharusnya terbiasa dengan badai dan gelombang laut. Kita pun dapat menyimpulkan bahwa ketakutan dan kebimbangan dapat menggagalkan kuasa Allah bekerja dalam hidup kita. Seperti yang dialami oleh Petrus, iman kita berkobar-kobar saat akan memulai. Namun saat maju selangkah demi selangkah dan kita mulai melihat tantangan, ketakutan dan kebimbangan mulai muncul dalam diri kita.

Satu hal yang perlu kita yakini, Tuhan mengizinkan segala situasi yang kurang baik atau di luar kendali kita, untuk melatih iman kita agar senantiasa aktif. Sehingga, dalam segala kondisi dan situasi yang buruk sekalipun, kita tidak goyah dan bimbang. Karena ketika iman kita aktif, kita akan melihat kuasa Allah bekerja dalam hidup kita secara luar biasa. Bahkan, mujizat besar pun pasti terjadi atas hidup kita. Jadi tetaplah pegang Perjanjian Damai Tuhan dan jangan bimbang. Aktifkan iman kita, dan tetap percaya bahwa rencana Tuhan pastilah yang terbaik bagi kita. Bahwa penyertaan dan tuntunan Tuhan selalu nyata atas hidup kita. Haleluya!

RENUNGAN
Ketika IMAN DIAKTIFKAN, maka KUASA ALLAH bekerja dan MUJIZAT BESAR terjadi.

APLIKASI
1. Hal apakah yang sering kali memicu ketakutan dan kekhawatiran Anda dalam menghadapi situasi yang terjadi saat ini?
2. Menurut Anda, mampukah kuasa Tuhan bermanifestasi dalam diri Anda?
3. Bagaimana caranya supaya Anda tetap kuat dalam iman sehingga kuasa Tuhan benar-benar dinyatakan? Tuliskan komitmen Anda!

DOA UNTUK HARI INI
“Roh Kudus, peganglah tangan kami. Kami tidak mau lagi hidup dalam ketakutan dan pemikiran kami sendiri. Kami mau berjalan bersama-Mu dengan iman percaya yang penuh. Karena kami rindu kuasa-Mu dinyatakan dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”