MENYENANGKAN ROH KUDUS (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 11-13
Kisah Para Rasul 9:1-21

RHEMA HARI INI
Mazmur 19:15 Mudah-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulutku dan renungan hatiku, ya TUHAN, gunung batuku dan penebusku.

Setiap kita pasti menyukai tempat yang bersih, rapi, dan apik. Seterkenal apa pun tempat yang kita kunjungi, jika keadaannya kotor, tidak terawat, dan banyak sampah berserakan, tentu membuat kita tidak nyaman dan tidak betah tinggal berlama-lama. Begitu pun hati kita yang menjadi tempat Roh Kudus bersemayam. Kemarahan, kekecewaan, kepahitan, dan hal-hal negatif lainnya, ibarat sampah yang mengotori hati kita. Jika kita manusia saja suka pada tempat yang bersih, terlebih lagi Roh Kudus. Roh yang Mahakudus. Pada-Nya tak ada setitik pun noda kotoran, melainkan hanya kekudusan.

Kerinduan untuk senantiasa menyukakan hati Roh Kudus pasti dimiliki oleh setiap kita yang sungguh-sungguh mengasihi-Nya. Namun terkadang, kita bingung, bagaimana supaya kita bisa menyukakan hati-Nya. Apa yang harus kita lakukan? Bukan pada banyaknya persembahan yang menyukakan hati Roh Kudus. Bukan barang mahal atau mewah yang diinginkan-Nya, tetapi sesederhana menjaga hati dan pikiran kita. Roh Kudus akan sangat disukakan karenanya. Isilah hati dan pikiran kita dengan hal-hal yang kudus dan positif. Renungkan firman Tuhan siang dan malam, sampai firman itu menyatu serta hidup dalam hati dan pikiran kita. Ingatlah bahwa apa yang ada dalam hati kita, meluap dalam ucapan dan tindakan kita (Luk. 6:45).

Berhati-hatilah akan apa yang kita ucapkan dan apa yang kita tulis di media sosial. Baik itu status, caption, atau komentar kita. Pastikan apa yang kita keluarkan adalah sesuatu yang membangun, yang memberkati, menguatkan, dan membawa damai sejahtera bagi yang mendengar ataupun membacanya. Roh Kudus akan sangat sedih jika kita mengumbar kemarahan, menulis atau mengeluarkan kata-kata yang kotor, sia-sia, perkataan yang menyakitkan bahkan membunuh dan menghancurkan roh orang lain. Dengan menjadi pribadi yang ramah, penuh kasih mesra, dan saling mengampuni, maka Roh Kudus akan sangat disenangkan. (PF)

RENUNGAN
Menyenangkan Roh Kudus TIDAK MEMBUTUHKAN BIAYA MAHAL, itu hanya SESEDERHANA MENJAGA HATI DAN PIKIRAN kita.

APLIKASI
1. Apa yang membuat Anda ingin menyenangkan hati Roh Kudus?
2. Apa saja yang telah Anda lakukan untuk menyenangkan hati Roh Kudus?
3. Bagaimana cara Anda menjaga hati dan pikiran Anda agar selalu kudus dan berkenan pada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami rindu untuk menyenangkan hati Roh Kudus. Terimakasih Engkau telah mengajar kami pada hari ini, untuk senantiasa menjaga hati dan pikiran kami. Tolong kami Tuhan, untuk membuang segala kekotoran hati kami. Kuduskan hati dan pikiran kami dari segala yang jahat. Agar apa yang kami ucapkan dan apa yang kami lakukan, menjadi berkat bagi sesama dan bagi kerajaan sorga. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”