JENIS WARISAN YANG LEBIH PENTING DARI APA PUN JUGA [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 24-26
1 Petrus 2

BACAAN HARI INI
Ulangan 17:14-20

RHEMA HARI INI
Ulangan 17:19-20 Itulah yang harus ada di sampingnya dan haruslah ia membacanya seumur hidupnya untuk belajar takut akan TUHAN, Allahnya, dengan berpegang pada segala isi hukum dan ketetapan ini untuk dilakukannya, supaya jangan ia tinggi hati terhadap saudara-saudaranya, supaya jangan ia menyimpang dari perintah itu ke kanan atau ke kiri, agar lama ia memerintah, ia dan anak-anaknya di tengah-tengah orang Israel.”

Ketika dilahirkan, Francis Jane Crosby, yang dipanggil Fanny, tidaklah buta. Namun matanya terkena infeksi saat ia berusia enam minggu. Seseorang yang mengaku sebagai dokter mencoba mengobati matanya dan meletakkan semangkuk bubur panas di kelopak matanya, sehingga merusak matanya. Tak lama kemudian ayahnya meninggal dan ibunya sibuk bekerja. Fanny kecil pun dititipkan pada neneknya. Dengan sabar neneknya membacakan Alkitab dan mengajarkan iman Kristen kepada Fanny. Kemampuan Fanny menghafal isi Alkitab membuat orang lain kagum. Pada usia 12 tahun, ia bersekolah di New York. Setelah lulus, ia lalu mengajar sambil menulis puisi. Fanny pandai bermain harpa dan piano. Ia kemudian menikah dengan pemain organ terkenal di New York, dan menulis tiga lagu rohani setiap minggu. Hingga meninggal, Fanny telah menulis 9.000 himne. Banyak lagunya yang menjadi terkenal dan dinyanyikan sampai sekarang.

Seorang pendeta berkata, “Sungguh kasihan, Tuhan memberi talenta luar biasa kepada Anda, tetapi tidak memberikan penglihatan pada Anda.” Fanny menjawab, “Jika aku bisa dilahirkan kembali, aku akan minta dilahirkan dalam keadaan buta, karena yang ingin kulihat pertama kali adalah wajah Juruselamatku di sorga nanti.”

Warisan rohani yang diperoleh dari sang nenek, membuat Fanny mampu bertahan dalam segala kesukaran. Meski tak bisa melihat, ia mampu berkarya dan karyanya menjadi berkat bagi banyak orang. Teladan yang ditinggalkan neneknya bisa menjadi inspirasi yang sangat berharga bagi kita semua. Memberikan warisan rohani kepada anak cucu kita, jauh lebih penting dibandingkan warisan apa pun juga. Kehidupan rohani dan iman yang kuat akan menarik berkat jasmani serta jiwani. Karakter dan tingkah laku kita pun akan terbentuk baik, sehingga kita menjadi tangguh, tahan uji, dan hidup berkemenangan. Sehingga kebahagiaan bisa melingkupi keluarga kita. Yang lebih penting, kehidupan rohani yang baik memberi jaminan keselamatan kekal dalam Tuhan. Tidak ada yang lebih berharga dibanding itu semua.

RENUNGAN
WARISAN ROHANI bagi anak cucu kita JAUH LEBIH PENTING daripada warisan jasmani dan jiwani karena memiliki DAMPAK KEKEKALAN.

APLIKASI
1. Apakah yang dimaksud dengan warisan rohani?
2. Warisan rohani seperti apa yang ingin Anda tinggalkan kapada anak cucu Anda?
3. Bagaimana Anda akan meninggalkan warisan rohani kepada anak cucu Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami bersyukur atas keluarga kami. Pimpinlah kami, agar kami bisa memperoleh kehidupan rohani yang baik dalam-Mu, sehingga kami pun bisa mewariskannya kepada anak cucu kami kelak. Di dalam nama Yesus, kami berdoa. Amin.”