Momen Tepat Menerima Pengurapan Roh Kudus [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kidung Agung 6-8
Galatia 4

BACAAN HARI INI

Kisah Rasul-Rasul 4:1-31

RHEMA HARI INI

Kisah Rasul-Rasul 4:31 Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.

Pada ayat rhema hari ini, diceritakan tentang momen saat Petrus dan para rasul yang lain tengah berdoa. Ketika itu tiba-tiba saja terjadi goncangan di tempat mereka berkumpul, dan seketika itu juga mereka dipenuhi dengan Roh Kudus. Hal yang sangat menakjubkan pun terjadi. Ada perubahan yang dramatis dalam tingkat keberanian, terutama keberanian dalam memberitakan Injil.

Sedangkan kita semua tahu sejarah murid-murid Tuhan Yesus yang terkadang masih diselimuti rasa ketakutan, malu, kecewa, bahkan memilih menyangkal Yesus ketika orang-orang menanyai identitasnya sebagai murid Tuhan Yesus. Namun, mereka diubahkan seketika itu juga ketika dipenuhi dengan Roh Kudus. Mereka menjadi pengkhotbah yang berani dan tidak kenal takut. Mereka berani menghadapi orang-orang yang sebelumnya dengan frontal menolak Tuhan Yesus.

Seperti halnya Petrus dan para Rasul, tanpa Roh Kudus, kita pun tidak akan pernah memiliki keberanian untuk bangkit menyelamatkan jiwa-jiwa, melangkah dengan berani untuk melakukan mujizat, dan menceritakan kebesaran Tuhan. Justru yang terjadi adalah kita akan menjadi orang yang mudah ketakutan, kecewa, dan mudah menyerah. Oleh karena itu, kita sangat perlu pengurapan Roh Kudus. Jika kita rindu untuk ikut ambil bagian dalam momen kegerakan Tuhan saat ini untuk membebaskan bangsa-bangsa, maka kita sangat perlu pengurapan Roh Kudus. Tidak secara kebetulan, gereja kita selalu mengadakan Doa Puasa Raya setiap tahunnya. Gunakan saat-saat ini untuk mendekat kepada Tuhan dan menanti-nantikan-Nya. Ya, inilah momen yang tepat untuk kita bisa diisi penuh dengan pengurapan Roh Kudus. Pakai momen ini untuk menerima pengurapan-Nya dan bangkitlah menjadi pahlawan-pahlawan Tuhan yang gagah berani. (Rdf)

RENUNGAN

MOMEN DOA PUASA RAYA adalah KESEMPATAN untuk kita bisa DIISI PENUH dengan PENGURAPAN ROH KUDUS.

APLIKASI

1. Sudahkah Anda tekun mengikuti Doa Puasa Raya tahun ini? Mengapa demikian?
2. Menurut Anda, apakah pentingnya pengurapan Roh Kudus bagi hidup kita? Apakah ada perbedaan dalam hidup Anda sebelum dan sesudah menerima pengurapan Roh Kudus?
3. Bagaimana Anda bisa lebih komit lagi mendekat kepada Tuhan melalui doa puasa?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, kami sungguh mengucap syukur untuk kasih-Mu. Kami juga sangat berterima kasih untuk Roh Kudus yang Engkau curahkan bagi kami. Kami rindu hidup kami dipenuhi dengan Roh Kudus, sehingga kami memiliki keberanian dan kekuatan untuk melangkah menjadi saksi-Mu dan memberitakan Injil. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”