PENYEBAB KEMUNDURAN ROHANI YANG DRASTIS (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 14-15
Matius 17

RHEMA HARI INI
Ibrani 10:25 Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

Dunia sering kali berpikir saat seseorang mengorbankan waktu untuk pelayanan, maka ia akan mengalami kemunduran bahkan kekurangan dalam kesejahteraannya. Namun ekonomi Kerajaan Sorga berkata sebaliknya. Suatu kali Tuhan Yesus sendiri berkata kepada murid-murid-Nya bahwa siapa yang ingin menjadi yang terbesar, hendaklah ia memposisikan diri sebagai pelayan, dan siapa yang ingin menjadi terkemuka, hendaklah ia menjadi hamba (Mat. 20:26-27, Mrk. 9:35).

Raja Hizkia rupanya paham benar tentang rahasia ini. Sekian tahun rumah Tuhan ditutup oleh ayahnya, raja Ahas, sehingga para imam serta orang-orang Lewi kehilangan tempat dan pelayanan mereka. Mereka pun mengalami berbagai kemunduran. Dari segi hati, mental, dan jumlah, semuanya menurun. Namun raja Hizkia mulai membangkitkan semangat mereka. Puji Tuhan, para pelayan Tuhan di zaman Hizkia meresponi panggilan pelayanan itu! Sekalipun pada awalnya jumlah pelayan Tuhannya terlalu sedikit, tetapi mereka bekerja sama saling topang-menopang untuk menjalankan ibadah itu. Begitu para pelayan Tuhan bangkit membangun ibadah, maka terobosan terjadi, sehingga Alkitab mencatat bahwa ada SUKACITA YANG TAK DISANGKA-SANGKA di tengah-tengah mereka semua (2Taw. 29).

Demikianlah kalau kita semua mulai melayani Tuhan kembali. Tuhan akan mencurahkan sukacita yang tak disangka-sangka itu, bahkan kegerakan besar yang tak disangka-sangka, dan berkat dahsyat yang tak disangka-sangka. Itu sebabnya, semua jemaat Keluarga Allah, ayo bangkit melayani Tuhan! Bangkit bersaksi dan menyelamatkan jiwa! Bangkit dan lakukan sesuatu untuk memperluas Kerajaan Allah! Saat kita semua melayangkan mata kepada Tuhan dan meresponi panggilan-Nya, maka kegelapan yang sangat gelap sekalipun akan sirna dan berganti dengan terang-Nya yang lebih terang lagi.

RENUNGAN
Undur dari PELAYANAN sering kali menjadi penyebab seseorang mengalami KEMUNDURAN ROHANI yang drastis.

APLIKASI
1. Adakah kemunduran dalam pelayanan Anda saat ini? Mengapa demikian?
2. Mengapa kita harus menjaga api pelayanan tetap menyala dalam diri?
3. Bagaimana kita dapat meresponi rhema Tuhan dalam renungan ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami berdoa agar api pelayanan atas setiap kami kembali menyala-nyala. Tuntun kami sehingga kami dapat meresponi rhema firman Tuhan hari ini. Roh Kudus yang ajari dan kuatkan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”