PANDANGLAH TUHAN YANG BESAR, BUKAN KESULITANMU! (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Zakharia 1-4
Wahyu 18

RHEMA HARI INI
Mazmur 138:8 TUHAN akan menyelesaikannya bagiku! Ya TUHAN, kasih setia-Mu untuk selama-lamanya; janganlah Kautinggalkan perbuatan tangan-Mu!

Pertama kali Dita mendengar ungkapan, “Kalau melihat donat janganlah lihat lubangnya, tetapi lihatlah donatnya,” adalah dari sepupunya. Kala itu ia tidak mengerti artinya. Bagi Dita, kalau melihat donat, ya pasti termasuk dengan lubangnya. Namun entah mengapa, ia selalu mengingat kata-kata tersebut. Beberapa bulan kemudian, Dita yang selama ini berjuang mengatasi masalah keuangan keluarga, mencoba membuka usaha pesanan snack dan kue kering.

Suatu kali, Dita mendapat pesanan yang sangat banyak sampai ia kewalahan mengerjakannya. Setelah menghitung keuntungan yang diperoleh, Dita bukannya senang dan mengucap syukur, ia malah mengeluh dalam hati karena jumlahnya masih jauh di bawah kebutuhannya. Saat itulah Dita mendadak teringat tentang lubang donat. Ia pun mengerti apa maksud perkataan sepupunya. Sebenarnya berkat Tuhan selalu ada untuk Dita, tetapi ia begitu terpaku pada besarnya kebutuhan, pada badannya yang letih, dan hasil yang belum mencukupi. Semua itu membuatnya gagal melihat kebaikan, kasih, dan pemeliharaan Tuhan atas hidupnya.

Hari ini Tuhan mau mengajarkan kepada kita, supaya kita jangan hanya melihat yang dekat dan sempit. Janganlah kita terpaku pada kesulitan yang sedang kita hadapi saat ini. Sebab jika demikian, iblis akan berkesempatan untuk mengintimidasi dan membuat kita semakin putus asa serta kehilangan harapan. Tuhan mau kita melayangkan pandangan kita sejauh dan seluas mungkin. Melihat apa yang sanggup Tuhan lakukan dan apa yang telah Dia sediakan untuk kita miliki. Dengan mendekat kepada Tuhan, kita akan dibawa semakin mengenal-Nya. Bahwa bagi Tuhan tidak ada sulitnya untuk menyelesaikan semua masalah kita, bahkan terlalu mudah bagi-Nya. Mungkin Tuhan hanya menunggu kita mengerti dan mengubah cara pandang kita terhadap-Nya, baru kemudian Dia akan memberikan apa yang sudah dipersiapkan-Nya untuk menjadi milik kita. (PF)

RENUNGAN
JANGAN TERPAKU hanya pada KESULITAN yang kita alami saat ini, karena Tuhan kita SANGGUP MENYELESAIKANNYA.

APLIKASI
1. Apa dampak yang Anda rasakan, ketika Anda hanya terpaku pada kesulitan yang sedang Anda alami?
2. Mengapa Tuhan ingin agar Anda melayangkan pandangan Anda sejauh dan seluas mungkin? Apa yang dapat Anda lihat setelah melakukannya?
3. Bagaimana cara Anda agar tidak selalu terpaku pada kesulitan yang sedang Anda alami? Tuliskanlah.

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ampuni cara pandang kami yang sempit selama ini. Kami begitu sibuk melihat, terpaku, dan mengeluhkan kesulitan kami, sehingga kami tidak melihat Engkau yang besar. Engkau yang sanggup menyelesaikan semua masalah dan kesulitan kami. Terima kasih Tuhan, telah membukakan mata kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”