MENAKLUKKAN KETAKUTAN BERSAMA TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 120-122
1 Korintus 9

RHEMA HARI INI
Yosua 1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.”

“Facing The Giants”, sebuah film drama Kristen dari Amerika Serikat yang menceritakan tentang pelatih sepak bola bernama Grant Taylor. Selama enam tahun menjadi pelatih, timnya tak pernah memenangkan satu pun pertandingan. Bahkan atlet binaannya banyak yang pergi mencari klub dan pelatih lain yang lebih baik. Dalam kehidupan sehari-hari pun, Grant mengalami krisis keuangan, masalah rumah tangga, dan belum juga dikaruniai anak. Semua itu membuat Grant hampir depresi. Namun, keadaan berubah saat ia mulai mengenal Tuhan yang merubah cara pandangnya terhadap kehidupan, termasuk dalam pola pembinaan para atlet sepak bola di klubnya. Grant mulai menanamkan nilai-nilai rohani dan menekankan kepada atlet-atletnya untuk terus berusaha keras. Kalah dan menang dalam pertandingan bukan lagi menjadi target, tetapi berusaha sebaik mungkin dan berserah kepada kehendak Tuhan. Pembaruan pola pikir tersebut akhirnya membuat tim mereka mampu memenangkan beberapa pertandingan, bahkan mengalahkan klub yang jauh lebih besar.

Walau hanya cerita fiksi, kisah “Facing The Giants” dapat menjadi teladan bahwa dalam setiap usaha yang kita lakukan pasti akan ada kesulitan dan tantangannya. Namun jangan pernah menyerah. Kadang kemenangan atau impian kita sudah di ujung belokan. Jika kita berhenti dan menyerah, kita tidak akan pernah mencapai impian kita.

Tantangan dan masalah kadang terlihat begitu besar bak raksasa. Kita pun jadi merasa kerdil dan tak berdaya. Namun seperti kisah Daud melawan raksasa Goliat. Jangan lihat masalah kita, lihatlah kuasa Tuhan yang lebih besar dari apa pun masalah kita. Daud mampu mengalahkan Goliat karena imannya kepada Tuhan dan sikap yang pantang menyerah. Karena itu, apa pun yang kita alami saat ini, baik itu masalah keuangan, kesehatan, bisnis, atau keluarga, jangan takut dan menyerah. Tetap percaya kepada Tuhan, pegang Perjanjian Damai-Nya, dan teruslah berusaha. Bersama Tuhan, kita pasti akan mampu mengalahkan semua tantangan dan masalah dalam hidup kita. Amin.

RENUNGAN
Ketakutan membuat kita KALAH SEBELUM BERTANDING, taklukkanlah dan mulai MELANGKAH DALAM IMAN.

APLIKASI
1. Adakah saat ini Anda memiliki masalah yang Anda anggap benar-benar besar? Masalah apakah itu?
2. Apa yang Anda lakukan selama ini untuk dapat mengatasi masalah tersebut?
3. Mengapa Anda perlu menaklukkan ketakutan Anda dan langkah-langkah nyata apa yang dapat Anda ambil untuk melakukannya?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur atas kuasa-Mu yang besar dalam kehidupan kami. Kami serahkan semua masalah dan beban hidup kami ke dalam tangan kuasa-Mu. Kami imani bahwa tidak ada satu pun masalah yang lebih besar dari kuasa-Mu. Karena itu, ya Tuhan, mampukan kami untuk terus percaya kepada-Mu. Jadikan kami pribadi-pribadi yang kuat dan pantang menyerah. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”