JANGANLAH MENDUKAKAN HATI ROH KUDUS (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 14-16
Kisah Para Rasul 9:22-43

RHEMA HARI INI
Yesaya 42:19-20 Siapakah yang buta selain dari hamba-Ku, dan yang tuli seperti utusan yang Kusuruh? Siapakah yang buta seperti suruhan-Ku dan yang tuli seperti hamba TUHAN? Engkau melihat banyak, tetapi tidak memperhatikan, engkau memasang telinga, tetapi tidak mendengar.

Kehilangan kedamaian dan kekuatan, itulah yang akan dialami seseorang ketika ia mendukakan hati Roh Kudus. Yudas Iskariot adalah contoh salah satu orang yang telah mendukakan Roh Kudus. Yudas menjadi pengikut Tuhan dan Tuhan Yesus mengasihi dia, maka Roh Tuhan memampukannya untuk mengiring dan menjadi murid Tuhan Yesus. Namun, karena keserakahannya, Yudas masuk dalam perangkap iblis dan ia menjual Yesus untuk 30 keping perak. Akibatnya, begitu Roh Tuhan berhenti berkarya dalam hidup Yudas, maka roh jahat mulai mendera, mendakwa, dan membuat Yudas merasa sangat bersalah, sehingga ia menempuh kematian sebagai jalan keluar.

Roh Kudus tidak akan memenuhi, memberi kekuatan, dan memakai kita, jika kita terus-menerus mengabaikan petunjuk-Nya. Ini berarti, Roh Kudus tidak akan bekerja di tengah perbuatan-perbuatan kita yang mendukakan-Nya. Kisah Yudas di atas membuktikan bahwa mendukakan Roh Kudus adalah dosa yang sangat serius dan dapat mendatangkan kebinasaan dalam hidup kita. Saat Roh Kudus terdiam, otomatis iblis akan segera hadir untuk mengintimidasi, menjerumuskan dan membujuk kita jatuh dalam dosa yang akan menjadikan hidup kita semakin tenggelam dalam keterpurukan.

Dosa yang mendukakan Roh Kudus bukan hanya dalam bentuk membunuh, mencuri, berzinah, berdusta, tetapi juga saat kita mengabaikan petunjuk-Nya dan tidak memperhatikan firman-Nya. Oleh karena itu, jika kita rindu tahun Roh Kudus terjadi dalam hidup kita, maka mulailah menyukakan Roh Kudus dengan senantiasa memperhatikan serta melakukan petunjuk Roh kudus dalam hidup kita.

RENUNGAN
Roh Kudus bisa sangat SEDIH saat seseorang TIDAK MENDENGARKAN dan memperhatikan firman.

APLIKASI
1. Adakah perbuatan Anda selama ini yang telah mendukakakn hati Roh Kudus? Perbuatan apa sajakah itu?
2. Menurut Anda, apa dampak yang terjadi dalam hidup kita ketika Roh Kudus yang ada dalam hati kita menjadi sedih karena perbuatan kita?
3. Apa yang akan Anda lakukan agar perbuatan Anda tidak mendukakan hati Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI
“Roh Kudus, terima kasih untuk kesetiaan dan penyertaan-Mu setiap hari. Kami percaya, bersama-Mu kami sanggup melewati segala rintangan dan tantangan dalam hidup kami. Bantu kami agar kami senantiasa mendengarkan dan memperhatikan firman Tuhan, sehingga kami senantiasa dapat melihat karya Roh Kudus yang dahsyat. Di Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”