MILIKI RASA SALING MENGASIHI DENGAN KELUARGA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 1-2
Galatia 5

RHEMA HARI INI
Yohanes 15:12 Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.

Dalam kehidupan sehari-hari, kadang kita menemui saudara dalam keluarga kita yang memiliki aneka ragam sifat. Ada yang ramah dan lembut, ada pula yang pendiam serta tidak banyak bicara. Ada pula yang bawel, cerewet, mudah tersinggung, dan mudah marah. Ada kalanya juga kita bisa saling bertengkar satu sama lain hanya karena tersinggung dengan perkataan saudara atau orangtua kita. Bahkan, tidak sedikit pula yang merasa iri atau sakit hati dengan saudaranya, hanya karena merasa orangtuanya lebih sayang dengan saudaranya, dan masih banyak lagi.

Berapa banyak dari kita yang memiliki konflik dengan anggota keluarga kita? Tidak secara kebetulan ayat rhema hari ini menekankan agar kita saling mengasihi, seperti Tuhan yang telah mengasihi kita. Jika kita merenungkan sejenak, bagaimana luar biasanya Tuhan mengasihi kita, melebihi siapa pun yang mengasihi kita di dunia ini, sekalipun kita menjauh, sering mengecewakan Tuhan, tidak taat pada Tuhan, bahkan pernah jatuh dalam dosa, dan sebagainya. Namun, tidak sedetik pun Tuhan meninggalkan kita. Dengan tetap sabar dan penuh kasih, Dia akan menerima kita kembali dan memaafkan segala kesalahan dan dosa-dosa kita. Bahkan, tidak satu pun kesalahan maupun dosa kita di masa lalu yang Dia ingat.

Oleh karena itu, setiap kita yang dapat merasakan kebaikan dan kasih Tuhan dalam hidup kita, maka kita akan merasa memiliki Tuhan dalam hidup kita. Sehingga pada akhirnya akan membuat kita mengasihi Tuhan dengan sungguh-sungguh. Rasa saling memiliki inilah yang akan membuat kita nantinya saling mengasihi antara satu dengan yang lain. Konsep ini juga berlaku dalam keluarga kita, saat kita merasa memiliki keluarga kita, orangtua kita dan suadara kita, maka kita akan mengasihi mereka tanpa syarat. Sekalipun mereka mungkin pernah mengecewakan kita, menyakiti perasaan kita, dan sebagainya, kita tidak akan mengingatnya kembali. Mulai hari ini, milikilah rasa saling memiliki dengan keluarga kita, sehingga kasih Tuhan akan sungguh-sungguh dinyatakan melalui keluarga kita. (Rdf)

RENUNGAN
Mempunyai RASA SALING MEMILIKI membuat kita SALING MENGASIHI antara satu dengan yang lain.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda memiliki rasa saling memiliki dengan anggota keluarga Anda yang lain? Jika sudah atau belum, mengapa?
2. Menurut Anda, mengapa penting bagi kita untuk memiliki rasa saling memiliki dalam keluarga? Mengapa demikian?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil agar setiap anggota dalam keluarga Anda dapat saling mengasihi satu dengan yang lain? Tuliskan.

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih untuk teladan kasih yang begitu sempurna dari pada-Mu. Ajar kami agar dapat mengaplikasikannya dalam keluarga kami, sehingga setiap anggota keluarga kami dapat merasakan kasih-Mu. Biar keluarga kami dapat menjadi saksi di mana pun kami berada. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin”