MEMBAWA HATI KEPADA SANG PENYEMBUH SEGALANYA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Hakim-Hakim 7-8
Lukas 5:1-16

BACAAN HARI INI
Mazmur 30:1-13

RHEMA HARI INI
Mazmur 30:12 Aku yang meratap telah Kauubah menjadi orang yang menari-nari, kain kabungku telah Kaubuka, pinggangku Kauikat dengan sukacita,

Sudah beberapa tahun belakangan ini, diam-diam Nania menyimpan sakit hati kepada ibu mertuanya. Dimulai dengan kejadian saat Nania baru saja melahirkan, ibu mertuanya bermaksud untuk menasihatinya yang menjadi seorang ibu muda. Namun dalam proses penyampaiannya, Nania merasa bahwa kata-kata yang telah dilontarkan ibu mertuanya sangat merendahkan dan melukai hatinya. Akan tetapi, ia tidak pernah mengutarakan hal ini kepada siapa pun, termasuk kepada suaminya sendiri. Nania hanya menyimpannya sendiri dalam hatinya dan menguburnya dalam-dalam.

Suatu hari, saat sedang hendak mempersiapkan sharing untuk komsel dengan anak-anak selnya, Nania terhenyak karena tiba-tiba saja bayangan wajah ibu mertuanya berkelebat di benaknya. Seketika itu juga ada kepedihan yang luar biasa dalam hatinya. Mungkin bukan kebetulan kalau khotbah minggu itu berbicara tentang kesembuhan dari luka batin. Hal itu membuat Nania tersadar bahwa selama ini dirinya masih menyimpan luka hati dari perkataan ibu mertuanya bertahun-tahun yang lalu. Ia pun menangis dan berdoa, “Tuhan, aku mau lepas dari segala sakit hati ini, ya Bapa, mampukan aku,” Malam itu juga, Tuhan menjamah Nania, tidak henti-hentinya ia menangis dan menangis sampai pada suatu titik ia merasakan sebuah kelegaan yang luar biasa dalam hatinya.

Setiap kita pasti pernah mengalami yang namanya disakiti. Luka hati itu pasti ada. Sadarkah Anda bahwa Tuhan lebih dari sanggup untuk sekedar menyembuhkan hati kita? Yang menjadi permasalahannya apakah kita mau? Saat kita mengizinkan Tuhan membebat hati kita, Dia sendiri yang akan menjamah dan menyembuhkan segala luka dan kepahitan yang ada dalam hati kita serta menggantikannya dengan anggur yang manis. Secara manusia, kita tidak dapat lepas dari segala penyakit hati itu dengan sendirinya. Kita memerlukan jamahan Roh Kudus untuk membebaskan kita dari segala kepahitan hati dan kekecewaan, serta menggantikannya dengan hati yang baru. Karena itu, ikutilah mezbah doa pagi yang diadakan gereja kita. Nanti-nantikanlah Tuhan, Sang Penyembuh Segalanya, dan kita pun akan mengalami kesembuhan total.

RENUNGAN
Tuhan SANGGUP MENYEMBUHKAN hati yang pahit sehingga menjadi MANIS.

APLIKASI
1. Coba selidiki hati Anda, apakah Anda masih menyimpan kepahitan?
2. Menurut Anda, mengapa Tuhan ingin kita bebas dari segala kepahitan?
3. Renungkanlah kiranya apa yang dapat Anda lakukan untuk dapat dipulihkan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, aku mau melepaskan pengampunan kepada siapa saja yang telah menyakitiku. Jamah hatiku, ya Bapa. Balut luka hati ini dan ubahkan hatiku menjadi yang baru. Agar aku boleh kedapatan berkenan di hadapan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”