DASAR DARI SEGALA SESUATU (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Bilangan 12-14
Markus 5:21-43

RHEMA HARI INI
Lukas 10:27 Jawab orang itu: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

Kasih adalah hukum utama bagi orang percaya. Perihal kasih ini Tuhan Yesus menyampaikan satu pesan penting dan sekaligus perintah yang harus kita taati, yaitu mengasihi Tuhan dan juga sesama. Ini menunjukkan bahwa mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa, dan kekuatan merupakan suatu amanat yang sangat penting bagi orang percaya, karena Tuhan sudah terlebih dahulu mengasihi kita. Bahkan firman Tuhan mengatakan bahwa barangsiapa yang tidak mengasihi berarti tidak mengenal Allah (1 Yoh. 4:7-8).

Ketika kita sudah merasakan kasih Tuhan itu, inilah waktu yang tepat bagi kita untuk menunjukkan berapa besar kasih kita kepada Tuhan. Apakah kita benar-benar mengasihi Tuhan? Kasih kita kepada Tuhan bukan hanya diuji ketika harus menghadapi penganiayaan, tetapi saat kita menjalani kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika kita diperhadapkan antara menghormati atasan kita dengan tuntutannya yang salah atau mengikuti kebenaran sesuai dengan tuntunan Roh Kudus. Ketika kita diperhadapkan pada pilihan berbohong untuk menjaga nama baik atau terbuka untuk memuliakan nama Tuhan, dan masih banyak lagi.

Ya, kita diperintahkan untuk mengasihi Tuhan dengan segenap hati, jiwa, dan akal budi. Yang artinya, tidak ada tempat sekecil apa pun yang bisa mencuri posisi Tuhan dalam hidup kita, termasuk pasangan, orangtua, saudara, anak-anak, teman, atau bahkan uang, pekerjaan, dan jabatan. Kita harus mengasihi Tuhan dengan sepenuhnya. Mengasihi Tuhan sepenuhnya membutuhkan tindakan yang radikal. Inilah yang dilakukan Rasul Paulus setelah mengalami perjumpaan pribadi dengan Yesus. Ia rela meninggalkan semua hal berharga dalam hidupnya, keluarganya, pencapaian di masa lalunya, jabatannya, dan juga nama baiknya. Semua itu hanya bisa ia lakukan karena ia telah menemukan dasar dari segala sesuatu adalah mengasihi Tuhan dengan segenap hati.

RENUNGAN
HATI YANG MENGASIHI TUHAN dengan SEGENAP HATI adalah DASAR dari segala sesuatu.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mengasihi Tuhan dengan segenap hati Anda?
2. Menurut Anda, mengapa mengasihi Tuhan dengan segenap hati dapat menjadi dasar dari segala sesuatu dalam hidup kita?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil untuk dapat mengaplikasikan renungan hari ini? Tuliskanlah.

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih untuk kasih-Mu yang tanpa syarat bagi kami. Kami sungguh bersyukur memiliki Engkau sebagai satu-satunya Allah kami. Kami rindu membalas kasih-Mu dengan senantiasa mengasihi-Mu dengan segenap hati kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”