TUHAN INGIN PONDOK DAUD DIBANGUN KEMBALI DENGAN SERIUS (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 16-18
Matius 18:1-20

RHEMA HARI INI
Kisah Rasul 15:16 Kemudian Aku akan kembali dan membangunkan kembali pondok Daud yang telah roboh, dan reruntuhannya akan Kubangun kembali dan akan Kuteguhkan,

Tidak pernah terbayangkan oleh kita bahwa keadaan dunia akan menjadi seperti sekarang ini. Aktivitas yang biasa kita jalani, dengan terpaksa harus kita kurangi atau hentikan. Bahkan tidak sedikit di antara kita yang harus kehilangan pekerjaan, tempat tinggal, atau orang yang kita kasihi. Sudah setahun lebih, tetapi semuanya seakan belum ada akhir yang jelas. Ketakutan tertebar di mana-mana, ketidakpastian menyelimuti hampir di setiap bidang kehidupan, dan kesedihan menjadi tak terhindarkan lagi.

Dalam keadaan yang serba tidak pasti ini, kita mungkin merasa marah, takut, dan kecewa. Mungkin kita bertanya, mengapa Tuhan izinkan kita terpuruk dan harus mengalami penderitaan ini. Keadaan-keadaan yang tidak baik yang kita alami lantas membuat kita tidak lagi mengutamakan Tuhan. Kita merasa masalah yang harus kita hadapi sangat berat sehingga tidak ada cukup waktu untuk memberi ruang khusus bagi Tuhan. Kita pun hanya berfokus pada berita-berita dan ketakutan yang banyak ditebarkan media-media yang ada. Bahkan bisa jadi kita enggan untuk beribadah lagi kepada Tuhan karena mungkin kita merasa Tuhan tidak adil; sudah mengambil pekerjaan kita, orang yang kita kasihi, usaha, atau bisnis kita, atau uang kita.

Namun, hari ini Tuhan kembali mengingatkan kita bahwa seburuk apa pun keadaan yang kita alami saat ini, Tuhan ingin kita tetap memprioritaskan-Nya. Dia ingin setiap kita tidak berlarut-larut dalam kesedihan dan meratapi permasalahan yang tak kunjung usai. Tuhan rindu hubungan kita dengan-Nya tetap kita bangun, bahkan lebih sungguh-sungguh lagi. Bangunlah kembali Pondok Daud dalam hidup kita. Percayalah, saat kita melayangkan mata kepada Tuhan dan meresponi firman-Nya dengan sungguh-sungguh, kita akan melihat perkara-perkara ajaib yang di luar pemikiran kita, Tuhan nyatakan dalam hidup kita. Meskipun keadaan dunia gelap, tetapi bagi kita anak-anak Tuhan, kegelapan akan segera menyingkir karena terang yang sangat terang sudah Tuhan berikan bagi setiap kita. (LEW)

RENUNGAN
Tuhan ingin PONDOK DAUD sungguh-sungguh DIBANGUN KEMBALI dengan SERIUS.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah membangun kembali Pondok Daud dalam hidup Anda? Jika sudah atau belum, mengapa?
2. Mengapa Anda harus sungguh-sungguh membangun Pondok Daud dengan serius?
3. Bagaimana cara Anda agar Pondok Daud sungguh-sungguh Anda bangun kembali?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, hari ini ampunilah jikalau kami sudah menginggalkan Pondok Daud dalam hidup kami. Kami mau kembali membangun Pondok Daud dengan sungguh-sungguh. Kiranya nama-Mu semakin ditinggikan dan dipermuliakan melalui Pondok Daud yang kami bangun. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”