MENGUBAH POLA PIKIR KITA DENGAN POLA PIKIR TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Zakharia 5-8
Wahyu 19

RHEMA HARI INI
Efesus 3:20 Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,

“Sepertinya doa saya tidak didengar Tuhan, yah? Saya minta ini kepada Tuhan, tapi kok malah dapat yang itu? Saya jadi takut mau minta sama Tuhan.” Berapa banyak dari kita yang pernah merasakan dan berpikir seperti itu? Sering kali kita diperhadapkan pada keadaan yang jauh berbeda dengan apa yang kita harapkan, bahkan kita doakan. Padahal kita merasa kita telah mendoakannya dengan sungguh-sungguh, tetapi tetap saja kita tidak menerimanya. Akhirnya hal itu membuat kita malas berdoa, kecewa sama Tuhan, dan menjauh dari-Nya. Kita merasa semua sia-sia. Tidak ada gunanya berdoa dan berharap kepada Tuhan.

Kalau itu yang tengah kita pergumulkan, berbesar hatilah. Pada umumnya, kita percaya kalau Allah peduli dengan hidup kita dan akan memberikan sesuai dengan yang kita butuhkan. Namun dalam ayat rhema hari ini, Paulus justru menyampaikan kalau Allah justru bisa memberikan hal yang jauh lebih besar dari kebutuhan dan keinginan kita. Dia bukan Allah yang hanya peduli sebatas kebutuhan kita saja, tetapi Dia adalah Allah yang bisa melakukan jauh lebih besar dari itu. Cara pandang kitalah yang membuat pola pikir kita terbatas, tetapi saat kita mampu memandang seperti cara Tuhan, maka kita akan mengerti cara kerja Tuhan.

Benar, Tuhan bukan sosok yang senang membuat umat-Nya menderita. Dia senang memberikan pemberian yang baik kepada anak-anak-Nya (Mat. 7:11) dan Dia memberi karunia-karunia yang sempurna kepada setiap orang (Yak. 1:17). Ya, Tuhan suka memberi hadiah yang sempurna dengan cara-Nya yang sempurna. Tuhan peduli terhadap hidup kita dan bahkan memberikan lebih dari yang kita doakan. Tuhan lebih tau apa yang terbaik untuk kita. Oleh karena itu, tetaplah berdoa dan percaya, jangan lelah untuk berharap pada-Nya. Kalaupun doa kita belum dijawab atau mungkin keadaan terasa jauh dari yang kita harapkan, jangan menunduk! Angkatlah pandangan kita dan percayai apa yang jauh lebih baik dari yang semula kita inginkan pada akhirnya pasti menjadi milik kita.

RENUNGAN
PANDANGAN yang SEMPIT membuat kita hanya berpikir dengan CARA MANUSIA, bukan CARA TUHAN.

APLIKASI
1. Pernahkah Anda mengalami dan merasakan cara Tuhan berpikir dan melihat sangat berbeda dari cara Anda berpikir dan melihat sesuatu?
2. Menurut Anda, mengapa pandangan yang sempit membuat kita hanya berpikir dengan cara manusia?
3. Langkah-langkah apa yang akan Anda ambil untuk dapat memiliki pola pikir yang sama seperti Tuhan? Tuliskan.

DOA UNTUK HARI INI
“Ya Bapa, ampuni kami jika terkadang kami kecewa bahkan menjauh dari Engkau. Ajar kami untuk dapat memandang sesuatu seperti Engkau memandang, sehingga kami memiliki pola pikir yang sama seperti-Mu. Kami percaya, semua yang Kau rancangkan dan yang terjadi dalam hidup kami adalah yang terbaik bagi kami. Di dalam Nama Yesus kami berdoa. Amin.”