KEBANGKITAN PADA MOMEN PASKAH (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 123-125
1 Korintus 10:1-18

RHEMA HARI INI
Roma 6:9 Karena kita tahu, bahwa Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati lagi: maut tidak berkuasa lagi atas Dia.

Setiap pasangan yang sudah menikah pasti mendambakan hadirnya seorang anak di tengah-tengah mereka. Demikian pula dengan Martha Tilaar dan suaminya. Namun, pengusaha kosmetik ‘Sari Ayu’ itu telah divonis mandul oleh banyak dokter. Meski demikian, pasangan ini sama sekali tidak ciut hatinya. Suatu hari, mereka mendapatkan hikmat untuk meracik jamu-jamuan tradisional sebagai pengobatan. Setelah beberapa kali mengonsumsi jamu tersebut, tiba-tiba saja Martha mendapati dirinya terlambat haid. Ia pun segera pergi ke dokter dengan girang. Namun, sang dokter justru mengatakan bahwa ia telah memasuki masa pre-menopause.

Martha pulang dengan lesu dan berkata kepada suaminya bahwa ia akan merelakan suaminya apabila suaminya ingin memiliki istri ke-2. Namun suaminya menolak dan mengajak istrinya untuk berdoa serta berharap kepada Tuhan saja. Pada akhirnya, Tuhan benar-benar menjawab doa mereka. Sejumlah dokter kala itu mengatakan bahwa besar kemungkinan sang bayi akan mengalami cacat, mengingat usia si ibu yang sudah tidak belia lagi. Martha saat itu hanya berdoa dalam hati, “Aku percaya kepada-Mu, Tuhan, kalau Kau akan memberikan yang terbaik untukku.” Kini, Ibu Martha Tilaar telah memiliki empat anak, semuanya terlahir dengan sehat dan sempurna.

Mungkin banyak dari kita yang sedang mengalami momen ‘kematian’ seperti yang pernah dialami Martha Tilaar, baik itu kematian dalam bisnis, keluarga, kesehatan, dan sebagainya. Tidak secara kebetulan jika saat ini kita sedang memasuki momen Paskah, karena di momen Paskah inilah kematian akan diubah menjadi kebangkitan. Jika ribuan tahun yang lalu Yesus telah membuktikan bahwa Dia sanggup mengalahkan maut dan bangkit kembali. Maka, Tuhan yang sama juga pasti sanggup mengubah segala bentuk kematian kita menjadi momen kebangkitan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hidup kita. Janganlah menyerah dan tetap berpegang teguh dalam iman percaya kita kepada Tuhan, sehingga apa yang tidak pernah kita lihat, tidak pernah kita dengar, bahkan tidak pernah timbul dalam hati kita, akan Tuhan nyatakan bagi kita (1 Kor. 2:9).

RENUNGAN
Pada momen PASKAH, kematian akan diubah menjadi KEBANGKITAN.

APLIKASI
1. Momen kematian apa yang sedang Anda alami saat ini? Bagaimana Anda meresponi situasi tersebut selama ini?
2. Menurut Anda, mengapa momen Paskah dapat menjadi momen saat Tuhan akan mengubah momen kematian kita menjadi kebangkitan?
3. Apa langkah yang akan Anda ambil untuk dapat mengalami kebangkitan dalam hidup Anda? Tuliskanlah!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami tahu Engkau adalah Allah yang telah menang atas maut! Dan Engkau pun juga sanggup membawa kami dari kematian menuju kebangkitan yang besar. Kami mau belajar untuk tetap setia dalam pengharapan dan senantiasa berpegang teguh pada iman percaya kami kepada-Mu sampai kami mengalami kebangkitan besar dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”