ARTI KESEMBUHAN TOTAL (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Raja-Raja 6-7
Lukas 20:27-47

BACAAN HARI INI
Matius 15:1-14

RHEMA HARI INI
Matius 15:13 Jawab Yesus: “Setiap tanaman yang tidak ditanam oleh Bapa-Ku yang di sorga akan dicabut dengan akar-akarnya.

Dalam hitungan detik, kehidupan Vickie sebagai artis trapeze hancur lebur. Ia kehilangan keseimbangan pada palang gantung dan jatuh dengan kepala terlebih dahulu ke jala penyelamat. Akibatnya, ia lumpuh dari leher ke bawah. Tiga tahun setelah tu, ia bertekad untuk bunuh diri, tetapi gagal. Pada tahun keempat, ia dan suaminya berpisah. Kepahitan pun menguasai hatinya. Suatu hari, ia bertemu dengan seorang asisten panti kesehatan, Mae Lynne. Wanita itu memperkenalkannya kepada Tuhan Yesus. Setelah mendapat bimbingan dari seorang pendeta selama dua tahun, Vickie mulai terlibat pelayanan. Setiap minggu, ia menulis belasan surat untuk para penghuni penjara dan orang-orang cacat. Cacat tubuhnya mungkin tidak pernah sembuh, tetapi luka batinnya pulih sampai ke akar-akarnya dan digantikan dengan sukacita besar.

Secara logika, tidak ada yang akan menyalahkan Vickie jika ia terus hidup dalam kepahitan. Siapa yang tidak akan merana bila berdiri di posisinya? Namun, nalar manusia berbeda dengan nalar Tuhan. Bahkan, dalam bacaan hari ini Yesus menghardik orang-orang Farisi dan ahli Taurat yang menanamkan logika mereka dalam pengajaran mereka atas hukum Taurat. Itu artinya, mereka telah salah mengerti tentang kehendak Allah. Apa yang tidak dikenan Allah, pada akhirnya pun akan dicabut-Nya sampai bersih.

Saat Tuhan ingin mencabut segala akar kepahitan, kemarahan, atau kekecewaan dari batin kita, adalah pilihan kita untuk mengizinkan-Nya bekerja atau menahan hal-hal buruk itu dalam hati kita. Satu hal yang perlu kita sadari, segala hal buruk yang masih tersisa dalam hati kita adalah penghalang bagi rencana dan kegerakan Tuhan. Hari ini adalah saat terbaik untuk melakukan pemberesan. Percayalah, Tuhan akan bersegera menolong kita, sebab Dia sangat rindu setiap kita terbebas dari luka hati dan mengalami kesembuhan batin yang sempurna. Sembuh total sampai ke akar-akarnya, sehingga kita pun bisa menjalankan misi Tuhan dengan efektif.

RENUNGAN
Mengalami KESEMBUHAN TOTAL berarti mengalami KESEMBUHAN BATIN sampai ke AKAR-AKARNYA.

APLIKASI
1. Masih adakah hal-hal buruk yang Anda tahan dalam hati Anda dan terus-menerus melukai Anda? Mengapa Anda tidak dapat melepaskannya?
2. Mengapa Tuhan ingin menyembuhkan Anda sampai ke akar-akarnya?
3. Bagaimana Anda dapat mengizinkan Tuhan menyembuhkan Anda sampai ke akar-akarnya?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami bersyukur sebab Engkau tidak pernah membiarkan kami berdiam dalam luka-luka hati kami. Engkau Allah yang mengetahui dan bekerja dalam batin kami dan memberikan kami kesembuhan total. Kami serahkan segala kepahitan, kemarahan, maupun kekecewaan kami ke dalam tangan-Mu. Ubahkan hati kami, sehingga kami bisa menjadi alat-Mu yang efektif dalam kegerakan yang sedang Engkau nyatakan di tengah-tengah kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”