CARA HIDUP OLEH ROH (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 17-19
Kisah Para Rasul 10:1-23

RHEMA HARI INI
Galatia 5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh.

Sepanjang bulan kemarin, kita telah mempelajari mengenai Roh Kudus dan memahami bahwa tahun ini Roh Kudus akan berkarya lebih dahsyat lagi dalam hidup kita. Untuk itu, tentu kita tidak bisa lagi memakai cara-cara lama kita dengan segala pemikiran dan logika manusiawi kita, melainkan berserah kepada cara-cara Roh Kudus. Lalu, bagaimanakah kita dapat hidup seiringan dengan Roh Kudus? Kita dapat memetik satu hal sederhana dari kisah mengenai anak-anak kecil yang datang kepada Yesus dalam Injil Markus dan Lukas. Saat itu, murid-murid Yesus menghalangi para orangtua yang membawa anak-anak mereka datang mendekat kepada-Nya dan Yesus pun menegur murid-murid-Nya. Bahkan Dia sampai berkata “Barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya” (Mrk. 10:13-15, Luk. 18:15-17).

Tidak tanpa alasan Yesus mengatakan hal tersebut. Kalau kita mengamati perilaku anak kecil, terutama di usia balita, mereka sangat mudah menaati setiap perintah orangtuanya. Tanpa perlu berdebat mereka akan segera berdiri dan melakukannya. Sikap hati seperti inilah yang Tuhan Yesus katakan akan membawa kita masuk ke dalam Kerajaan Allah. Jika oleh anugerah Tuhan, kita dapat percaya dan menerima karya keselamatan Yesus Kristus serta dilahirkan baru oleh Roh, maka secara alami seharusnya kita mau dipimpin oleh Roh Kudus dan menaati segala perintah-Nya.

Hari ini, mari kembali jadikan Roh Kudus pemimpin tunggal dalam hidup kita. Izinkan Dia yang menuntun langkah hidup kita. Apa pun yang Dia katakan, mari belajar taat. Mulai belajar untuk mendengarkan suara Roh Kudus. Belajarlah melangkah dari ketaatan yang paling kecil menuju ketaatan yang berikutnya. Kalau kita taat pada hal-hal sederhana, kepekaan rohani kita akan semakin dibukakan, sehingga kita pun bisa mendengarkan suara Roh Kudus dengan lebih jelas. Saat kita menyukakan Roh Kudus melalui ketaatan-ketaatan kita, Dia pun akan menyatakan karya-Nya yang dahsyat atas hidup kita.

RENUNGAN
Untuk bisa hidup oleh Roh, pastikan hidup kita MAU DIPIMPIN oleh Roh Kudus.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda berdoa untuk tuntunan Roh Kudus dalam setiap aspek hidup Anda dan taat melangkah sesuai petunjuk-Nya? Mengapa demikian?
2. Mengapa Anda perlu menaati pimpinan Roh Kudus dalam hidup Anda?
3. Bagaimana Anda bisa tetap bertekun dalam pimpinan Roh Kudus walaupun terkadang berat secara daging?

DOA UNTUK HARI INI
“Terima kasih Tuhan atas nasihat firman-Mu hari ini. Urapi hati kami dengan ketaatan ilahi yang daripada-Mu. Sehingga kami memiliki hidup yang mau dipimpin oleh Roh Kudus. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”