BERPIKIR, BERKATA DAN BERTINDAK POSITIF ATAS KELUARGA KITA [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 30-32
1 Petrus 4

BACAAN HARI INI
Filipi 4:4-9

RHEMA HARI INI
Filipi 4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu

Pernahkan Anda mendengar nama Yabes? Tidak banyak kisahnya dicatat di Alkitab. Namun dari cerita singkat itu, kita bisa memetik pelajaran yang sangat berharga. Nama Yabes sendiri berarti kesakitan. Ibunya menamainya demikian karena ketika ia dilahirkan, sang ibu mengalami kesakitan yang luar biasa (1 Taw. 4:9). Kita bisa bayangkan bagaimana keseharian Yabes. Sepanjang hari orang memanggilnya dengan sebutan ‘kesakitan’. Akibatnya, ia tumbuh dalam kutuk perkataan itu. Tidak ada berkat, tidak ada perubahan baik, bahkan sering kali kesakitan datang menimpa. Untuk mengubah keadaan itu, Yabes harus bangkit, berjuang di hadapan Tuhan untuk mematahkan setiap kutuk yang melekat pada dirinya. Tuhan pun mengabulkan doanya dan semua itu dilenyapkan dari hidupnya, bahkan ia lebih dimuliakan dibandingkan semua saudara-saudaranya.

Sedemikian berkuasanya pikiran dan perkataan negatif, sehingga bisa benar-benar terjadi dan memperburuk keadaan keluarga kita. Seperti Yabes, mungkin kondisi yang kita hadapi memang buruk. Mungkin memang keadaannya jauh dari kata bahagia. Mungkin banyak pertengkaran, atau hal-hal tak menyenangkan lainnya dalam keluarga. NAMUN KETAHUILAH BAHWA PERKATAAN BURUK KITA TIDAK AKAN MENGUBAH APA PUN ATAS KONDISI YANG KITA HADAPI. Bahkan justru akan memperburuknya. Karena tanpa kita sadari, ketika kita melepaskan perkataan, ada kuasa yang juga terlepas di sana.

Karena itu, mari kita belajar untuk mengubah keadaan dan menciptakan keadaan dengan pikiran kita yang positif, perkataan yang positif, dan tindakan yang positif. Mungkin tidak langsung kelihatan hasilnya. Namun percayalah, semakin kita berkata-kata, berpikir, dan bertindak yang positif, iman kita akan ikut ditumbuhkan. Ketika iman terus ditumbuhkan, pasti mujizat akan terjadi, dan keadaan buruk akan diubah menjadi kemenangan yang mendatangkan kebahagiaan yang tidak biasa atas keluarga kita. Haleluya!

RENUNGAN
Jika kita ingin mengalami UNCOMMON HAPPINESS, belajarlah untuk BERPIKIR, BERKATA, dan BERTINDAK POSITIF pada keluarga kita.

APLIKASI
1. Sudahkan Anda bisa selalu berpikir, berkata, dan bertindak positif setiap kali Anda mengalami hal-hal yang buruk dalam keluarga Anda?
2. Apakah yang menjadi tantangan bagi Anda untuk terus berpikir, berkata, dan bertindak positif dalam segala hal?
3. Kondisi apa yang ingin Anda ubah dalam keluarga Anda sehingga bisa mendatangkan kebahagiaan? Dan apa kata Tuhan tentang hal itu?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih atas kesetiaan-Mu dalam menuntun dan berjuang bersama keluarga kami. Kami tahu ada anugerah kebahagiaan yang sudah Engkau siapkan bagi keluarga kami. Mampukan kami untuk menyatakan hal itu jadi dengan terus berpikir, berkata-kata, dan bertindak secara positif atas kondisi apa pun yang terjadi dalam keluarga kami. Di dalam nama Yesus, kami berdoa. Amin.”