HENDAKLAH KITA MENJADI KUAT DALAM TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 30-32
1 Petrus 4

RHEMA HARI INI
Yesaya 40:31 tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Dalam ilmu psikologi dan medis, ada penyakit yang disebabkan oleh pikiran. Pikiran seseorang bisa memengaruhi kondisi tubuh orang tersebut, sehingga bisa berdampak pada munculnya sakit-penyakit dalam tubuh atau bahkan membuat sakit yang kita derita bertambah parah. Hal ini disebut dengan gangguan psikosomatis. Psikosomatis sendiri berasal dari dua kata yaitu pikiran (psyche) dan tubuh (soma). Gangguan ini dapat membuat seseorang mengalami masalah pada fungsi tubuh walaupun tidak diketemukan kelainan atau penyakit apa pun saat pemeriksaan.

Sedemikian besarnya kuasa pikiran sehingga dapat membuat orang sehat pun menjadi sakit apabila ia berpikir bahwa ia sakit. Maka dari itu, penting bagi kita untuk berhati-hati dengan apa yang kita pikirkan, rasakan, dan ucapkan. Sekalipun mungkin kondisi yang ada membuat kita merasa lemah, alih-alih berpikir dan berkata bahwa kita lemah, Tuhan ingin kita berpikir serta berkata bahwa kita kuat sampai kita sungguh-sungguh menjadi kuat. Karena yang Tuhan inginkan adalah untuk kita menjadi lebih kuat dari sebelumnya dalam segala aspek kehidupan kita.

Apabila saat ini Anda sedang merasa lesu dalam pelayanan, berhentilah berpikir untuk berhenti dan undur. Namun sebaliknya, jadilah kuat dalam Tuhan. Pikirkanlah akan kemajuan pelayanan Anda, bahwa Anda akan terus semakin maju dan berbuah. Atau jika saat ini rumah tangga Anda sedang di ambang kehancuran, senantiasa pikirkan dan ucapkan berkat atas keluarga Anda dan usahakanlah sampai keluarga Anda sungguh-sungguh menjadi keluarga yang harmonis dan bahagia dalam Tuhan. Ya, Tuhan mau agar setiap kita bangkit dan tidak menjadi lemah, melainkan menjadi semakin kuat bahkan di tengah pergumulan terberat sekalipun.

RENUNGAN
Tuhan mau kita menjadi LEBIH KUAT dari sebelumnya.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mengucapkan berkat atas hidup Anda sendiri?
2. Mengapa Tuhan mau kita memperkatakan perkataan-perkataan yang membangkitkan?
3. Menurut Anda, bagaimanakah caranya agar Anda bisa menjadi lebih kuat dari sebelumnya? Renungkanlah!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami mau belajar untuk menjaga pikiran dan ucapan kami supaya kami tidak memikirkan dan mengucapkan kondisi buruk kami, tetapi sebaliknya, agar kami bisa memikirkan dan memperkatakan perkataan-perkataan berkat atas hidup kami. Sehingga kami tidak menjadi lemah, tetapi sebaliknya, kami bisa tumbuh menjadi pribadi yang semakin kuat bersama dengan Engkau. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”