Ketangguhan Untuk Membalikkan Keadaan [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 3-4
 Galatia 6

BACAAN HARI INI

2 Korintus 6:3-10

RHEMA HARI INI

2 Korintus 6:4 Sebaliknya, dalam segala hal kami menunjukkan, bahwa kami adalah pelayan Allah, yaitu: dalam menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran,

Hati siapa yang tidak hancur ketika pulang ke rumah dari medan perang, justru yang didapati adalah rumahnya dibakar habis oleh musuh, sementara anak dan istrinya pun ditawan. Itulah yang Daud dan seluruh pengikutnya alami di Ziklag. Di tengah kesedihan besar yang meliputi mereka (1 Sam. 30:4), seluruh pengikut Daud berbalik hendak melemparinya dengan batu. Yang luar biasa, di tengah kondisi yang sanga terjepit, DAUD MAMPU TETAP BERPIKIR JERNIH DAN MENGUATKAN KEPERCAYAANNYA KEPADA TUHAN. Karena itulah, ia mendapatkan kekuatan untuk bertahan, mampu menangkap instruksi Tuhan, dan dengan instruksi itu, DAUD DIMAMPUKAN UNTUK MEMBALIKKAN KEADAAN. Bangsa Amalek dikejarnya, dikalahkan, semua keluarganya berhasil direbut kembali, bahkan ia dan pasukannya mengalami kemenangan dan pulang dengan membawa banyak jarahan.

Itulah yang disebut sebagai ‘RESILIENCE’, ketahanan grade A yang harus dimiliki oleh setiap anak Tuhan. Ketahanan yang tidak hanya mampu bertahan dalam tekanan, tetapi mampu membalikkan tekanan menjadi sebuah kemenangan. Tidak mudah memang, tetapi bukan berarti hal itu tidak bisa kita miliki. Kita bisa melatihnya. Dan saat-saat seperti ini, di tengah situasi dunia yang sedang ditutupi kegelapan dan resesi ekonomi yang melanda, ini adalah momen yang tepat bagi kita semua untuk melatih dan membangkitkan ketahanan kita masing-masing.

Percayalah, Tuhan tidak akan memberikan pencobaan melebihi kekuatan kita. Justru melalui pencobaan itulah, kita bisa mengukur seberapa besar benih kekuatan yang sudah Tuhan tanamkan dalam diri kita. Bagian kita adalah tetap percaya, bangkit dan berjuang bersama dengan-Nya. Maka kita akan melihat, bahwa Tuhan bukan hanya memampukan kita bertahan dalam situasi ini, tetapi kita akan mampu membalikkan keadaan dan memperoleh kemenangan yang gilang-gemilang. Haleluya!

RENUNGAN

Milikilah RESILIENSI dan KUALITAS IMAN GRADE A, sebab KEKRISTENAN berbicara tentang KETANGGUHAN.

APLIKASI

1. Situasi apakah yang mau tidak mau harus Anda hadapi, tetapi Anda merasa tidak mampu untuk menanggungnya?
2. Percayakah bahwa Anda dilahirkan dengan DNA Tuhan yang memiliki ketahanan untuk tetap kuat dalam segala keadaan?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil dan lakukan untuk membuat Anda menyadari bahwa sudah seharusnya Anda bangkit menjadi seorang yang tangguh serta dimampukan untuk mengalahkan keadaan? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, terima kasih atas segala hal yang Engkau izinkan terjadi dalam hidup kami. Kami percaya kami dilahirkan sebagai seorang pemenang. Berikan kami kekuatan ya Tuhan, supaya kami mampu bangkit menjadi anak-Mu yang tangguh dan terus berjuang sampai kemenangan sungguh-sungguh terjadi. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”