CIRI RASA MEMILIKI YANG MULAI MEMUDAR DALAM KELUARGA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 3-4
Galatia 6

RHEMA HARI INI
Amsal 10:12 Kebencian menimbulkan pertengkaran, tetapi kasih menutupi segala pelanggaran.

Rumah yang seharusnya dipenuhi dengan canda tawa anak-anak dan orangtua kini hampir jarang ditemukan di rumah Pak Didi. Semenjak Bu Didi mendapati tagihan-tagihan di baju kerja Pak Didi, ia menjadi curiga akan pemakaian uang hasil kerja suaminya. Sebenarnya Pak Didi tidak mau membebani dan merepotkan istrinya akan masalah keuangannya. Ia memilih menyimpan segala masalah yang dihadapi dan mencari solusi sendiri. Namun, hal itu justru membuat Bu Didi menaruh prasangka-prasangka buruk terhadapnya. Acap kali, ketidakterbukaan itu menjadi pemicu munculnya pertengkaran dalam rumah tangga mereka.

Baik Pak Didi dan Bu Didi sama-sama tidak mau mengalah dan selalu merasa benar. Mereka selalu saling menyalahkan satu sama lain atas hal-hal yang terjadi dalam rumah tangga mereka. Masalah sepele yang sebenarnya bisa dikomunikasikan baik-baik malah jadi membesar. Bukannya membantu mencari solusi, anak-anaknya pun terkadang ikut terbawa suasana dan menyalahkan orangtua mereka akan apa yang terjadi. Akibatnya, rumah menjadi dingin karena rasa memiliki tidak ada lagi dalam keluarga Pak Didi.

Bisa saja apa yang terjadi dalam keluarga Pak Didi juga terjadi dalam keluarga kita saat ini. Istri, suami, dan anak saling menyalahkan dan melempar tanggung jawab ketika sesuatu hal terjadi. Namun, hari ini Tuhan mengingatkan kita agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Tuhan ingin setiap kita menjadi satu tim yang kuat dalam keluarga. Apa pun permasalahan yang sedang dihadapi keluarga, kita harus bisa membantu mencarikan solusi maupun jalan keluar. Tidak penting mencari siapa yang bersalah, lebih penting mencari cara untuk mengatasi masalah. Saling menyalahkan hanya akan membuat rasa memiliki dalam keluarga kita memudar. Oleh karena itu, jangan biarkan hal itu terjadi dan berjuanglah menghadapi permasalahan bersama keluarga. Ya, semua yang terjadi dalam keluarga adalah tanggung jawab semua anggota keluarga. Kalau kita bisa membangun sikap ini, maka rasa memiliki keluarga akan dikobarkan kembali, dan kasih akan semakin berlimpah dalam keluarga kita. (LEW)

RENUNGAN
Ada BEBERAPA CIRI keluarga yang rasa saling memilikinya sudah MULAI PUDAR, salah satunya adalah SALING MENYALAHKAN.

APLIKASI
1. Pernahkah Anda saling menyalahkan atas apa yang terjadi dalam kehidupan atau keluarga Anda? Ceritakan!
2. Apakah yang Anda lakukan saat ada anggota keluarga Anda melakukan kesalahan yang berakibat fatal bagi keluarga Anda?
3. Bagaimana sebaiknya yang dilakukan jika ada permasalahan dalam keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ajarilah kami untuk tidak saling menyalahkan atas apa yang terjadi dalam keluarga kami. Berikan hikmat-Mu agar kami mampu menyelesaikan setiap permasalahan bersama-sama. Kami mau menjadi keluarga yang selalu memiliki rasa saling memiliki, sehingga tak ada permasalahan yang tak dapat kami tanggung bersama dan Kerajaan-Mu pun datang atas keluarga kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”