TUHAN SANGGUP MEMULIHKAN HATI YANG PAHIT (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Hakim-Hakim 9-10
Lukas 5:17-39

BACAAN HARI INI
Mazmur 34:12-23

RHEMA HARI INI
Mazmur 34:19 TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

Seorang sahabat adalah seseorang yang dengannya kita berbagi cerita, impian, bahkan rahasia. Ria pun memiliki seorang sahabat yang sangat ia percayai. Namun, suatu saat ia mengetahui bahwa sahabatnya membicarakan hal-hal buruk tentangnya di depan teman-teman kerja mereka. Ria tidak pernah menduganya bahwa segala hal yang pernah ia ceritakan kepada sahabatnya justru diceritakan kepada orang lain. Kemudian Ria teringat, beberapa kali saat sahabatnya tersebut kesulitan, ia selalu menolongnya. Hati Ria menjadi panas dan ia memutuskan tidak akan pernah memaafkannya. Namun, keesokan paginya ketika mengikuti mezbah doa pagi, Tuhan menjamah hatinya dan ia menangis sepanjang doa. Sejak saat itu, hatinya dipulihkan, bahkan ketika ia bertemu dengan sahabatnya, Ria tetap dapat tersenyum dan menyapa dengan hati yang damai.

Sakit hati bisa dialami siapa saja, termasuk orang benar. Sekalipun kita sudah berusaha hidup benar, melakukan hal positif bagi banyak orang, berusaha selalu melakukan kebenaran firman Tuhan, tetap saja ada kemungkinan orang lain melakukan sesuatu yang menyakiti hati kita. Daud adalah salah satu orang yang disebut Tuhan sebagai orang benar, dipuji sebagai orang yang berkenan di mata-Nya. Namun, ia juga berulang-ulang mengalami sakit hati. Daud hendak dicelakai Saul, dikhianati anak kandungnya sendiri, Absalom, dan sebagainya.

Hati yang terluka lebih sulit disembuhkan dibandingkan dengan tubuh yang terluka. Bahkan kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami luka alam hatinya. Sering kali kita merasa sendiri, terpuruk, dan larut dalam hati yang pahit. Namun, satu hal yang perlu selalu kita ingat: tidak ada hati yang terlalu pahit yang tidak bisa dipulihkan Tuhan. Dia sanggup memulihkan hati yang terluka. Jika saat ini sebagian dari kita merasa bahwa tidak ada bisa memahami hati kita yang sedang hancur, percayalah bahwa Tuhan sanggup memulihkan hati kita. Berserah dan mendekat pada Sang Penyembuh segalanya, maka Dia yang akan memberikan kesembuhan total dan mengubah hati yang pahit menjadi hati yang penuh kasih.

RENUNGAN
Tidak ada HATI YANG TERLALU PAHIT yang tidak bisa DIPULIHKAN TUHAN.

APLIKASI
1. Bagaimana kondisi hati Anda saat ini? Adakah kepahitan atau hati yang luka dalam diri Anda?
2. Hal apa yang Anda rasakan atau alami ketika hati Anda dalam kondisi yang pahit dan terluka?
3. Bagaimana Anda bisa mendekat dan berserah pada Tuhan agar Tuhan memulihkan hati Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, tidak henti-hentinya kami mengucap syukur sebab kami memiliki Tuhan yang luar biasa seperti Engkau. Sering kali dunia dan orang-orang di sekitar kami mengecewakan kami, namun kami mau tetap percaya bahwa Engkau sanggup menjaga dan memulihkan hati kami. Ajar kami untuk senantiasa berharap hanya kepada-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”