MENGASIHI TUHAN DENGAN SEGENAP HATI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Bilangan 15-16
Markus 6:1-29

RHEMA HARI INI
Maleakhi 3:18 Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepada-Nya.

“Jika kamu mau ingin tahu apakah suamimu sungguh-sungguh mengasihimu, suruhlah ia pergi berbelanja ke pasar atau mencuci piring.” Ujaran Alisha ini segera mengundang gelak tawa dan berbagai respons dari teman-teman yang sedang berkumpul merayakan ulang tahunnya. Meski kedengarannya konyol, tetapi apa yang dikatakan Alisha ada benarnya juga. Orang yang sungguh-sungguh mengasihi akan rela melakukan sesuatu yang sebenarnya sangat tidak disukainya, bahkan sebetulnya pantang untuk ia lakukan.

Kita manusia kebanyakan berpikir bahwa mengasihi itu adalah ‘merasakan yang baik tentang seseorang’. Namun hal ini tidak sepenuhnya sama dengan arti mengasihi yang dimaksud Tuhan dalam Alkitab. Karena arti mengasihi secara alkitabiah berhubungan erat dengan TINDAKAN, dan arti spesifik dari mengasihi Tuhan dengan segenap hati adalah melakukan apa yang Tuhan inginkan, yaitu perintah-perintah-Nya dan kehendak-Nya (Yoh 14:15).

Perbedaan yang sangat besar akan terlihat saat kita menghadapi sesuatu yang berlawanan dengan firman Tuhan. Ketika kita melayani dengan sepenuh hati dan orang lain berkomentar, “Biasa sajalah, tidak usah terlalu berlebihan.” Saat kita ingin terlibat dengan kegerakan gereja, teman kita mengingatkan, “Jangan masuk terlalu dalam, nanti kau akan kecewa jika tahu isi dapur gereja.” Atau ketika kita sangat ingin melakukan sesuatu, tetapi firman Tuhan berkata JANGAN. Saat itulah kita akan bisa menilai apakah diri kita sudah mengasihi Tuhan dengan segenap hati atau masih setengah-setengah. Seperti besarnya perbedaan tindakan yang kita pilih untuk lakukan, demikian pula besarnya perbedaan yang Tuhan akan kerjakan bagi mereka yang mengasihi-Nya segenap hati dengan yang tidak. Akan ada anugerah, perlindungan, berkat dan penyertaan yang berbeda Tuhan sediakan bagi kita yang sungguh-sungguh mengasihi-Nya. (PF)

RENUNGAN
PERBEDAAN YANG SANGAT BESAR terlihat saat kita MENGASIHI TUHAN DENGAN SEGENAP HATI atau TIDAK.

APLIKASI
1. Apa arti mengasihi Tuhan dengan segenap hati bagi Anda?
2. Seberapa besar Anda mengasihi Tuhan selama ini? Sudahkah Anda mengasihi-Nya sepenuh hati Anda?
3. Apa yang akan Anda lakukan sebagai bukti bahwa Anda mengasihi Tuhan dengan segenap hati Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ampuni kami jika selama ini kami belum mengasihi Engkau dengan sepenuh hati kami. Terus ajar kami untuk mengerti bagaimana cara mengasihi Engkau dengan seluruh kekuatan dan hati kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”