BANGUN DIRI DENGAN BERDOA DALAM ROH KUDUS (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 20-21
Kisah Para Rasul 10:24-48

RHEMA HARI INI
Yudas 1:20 Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.
Hampir dua pertiga dari pasal-pasal dalam kitab Mazmur ditulis oleh Daud. Banyak di antaranya menceritakan momen percakapan antara Daud dengan Tuhan. Hal ini membuktikan bahwa Daud adalah pribadi yang memiliki hubungan yang dekat dengan Tuhan. Kita bisa melihat bagaimana Tuhan begitu mengasihi Daud, bahkan Dia senantiasa memberikan perlindungan dan pembelaan kepada Daud. Sekalipun hidup Daud penuh dengan tantangan dan pergumulan, tetapi perkenanan Tuhan selalu dinyatakan dalam hidupnya. Oleh karena itu, tidak heran jika kemenangan demi kemenangan terjadi dalam hidup Daud. Kisah yang sama juga dialami oleh Rasul Paulus. Sejak perjumpaan pribadinya dengan Yesus, Paulus terus bertumbuh dalam iman dan kasihnya kepada Tuhan. Pada akhirnya, kita pun melihat, bagaimana pembelaan Tuhan juga dinyatakan secara nyata dalam hidup Paulus.

Melihat kisah Daud dan Paulus di atas, hal apakah yang dilakukan Daud dan Paulus sehingga Tuhan begitu mengasihi mereka? Ya, Daud dan Paulus sama-sama memiliki kualitas kedekatan dengan Tuhan di atas rata-rata. Daud terus membangun hubungan yang erat dengan Roh Kudus melalui pujian penyembahannya, sementara Paulus, Alkitab mencatat bahwa Paulus berdoa dalam bahasa Roh lebih banyak daripada orang kebanyakan (1 Kor. 14:18).

Oleh karena itu, jika kita rindu memiliki kehidupan seperti Daud atau Paulus yang selalu dalam penyertaan dan perlindungan Tuhan, maka mulai hari ini, beranilah mengambil komitmen untuk secara konsisten membangun kedekatan dengan Tuhan. Di tahun Roh Kudus ini, kita diberi kesempatan untuk membangun diri dengan berdoa dalam Roh Kudus, dengan berbahasa roh lebih banyak dari sebelumnya, menaikkan pujian penyembahan yang lebih dalam dibandingkan sebelumnya, dan sebagainya. Semakin kita bergaul intim dengan Roh Kudus, kita juga semakin menyukakan-Nya dan semakin banyak perkara-perkara besar yang akan kita lakukan bersama-Nya. Haleluya!

RENUNGAN
Bangunlah diri dengan BERDOA DALAM ROH KUDUS.
APLIKASI
1. Sudahkah Anda membangun diri Anda dengan berdoa dalam Roh Kudus? Jelaskan!
2. Menurut Anda, apa yang akan terjadi dengan semua masalah yang Anda hadapi saat ini ketika Anda berkomitmen lebih lagi berdoa dalam Roh Kudus? Mengapa demikian?
3. Apa komitmen Anda untuk dapat senantiasa membangun diri supaya karya Roh Kudus semakin nyata dalam hidup Anda? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Roh Kudus, kami menyadari betapa indahnya hidup kami saat kami memiliki kedekatan dengan-Mu. Terimakasih untuk kesetiaan dan kerinduan-Mu untuk senantiasa lebih dekat dengan kami. Ajarkan kami untuk selalu memiliki kerinduan dalam membangun kehidupan doa kami, karena kami tahu itulah yang menyenangkan hati-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”