MENGUSAHAKAN KEHIDUPAN YANG BERBOBOT [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yehezkiel 33-34
1 Petrus 5

BACAAN HARI INI
Efesus 5:8-17

RHEMA HARI INI
Efesus 5:15-16 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

Puteri Indonesia adalah salah satu kontes kecantikan bergengsi di Indonesia. Puteri yang terpilih nantinya akan menjadi wakil Indonesia pada kegiatan-kegiatan yang bertaraf internasional untuk mengharumkan nama bangsa. Oleh karena itu, proses seleksinya pun tidak main-main. Setiap calon puteri wajib memiliki kriteria tertentu yang dapat mewakili daerah provinsinya masing-masing. Setelah itu mereka pun harus melalui sebuah proses seleksi berikutnya yang kerap kali disebut dengan proses karantina.

Tidak hanya dalam ajang Puteri Indonesia saja, tetapi dalam setiap kontes ratu kecantikan pasti selalu ada yang namanya proses karantina. Selama beberapa hari semua kontestan akan dikumpulkan untuk mengikuti serangkaian acara dari pihak penyelenggara. Di masa karantina tersebut, selain diberikan pembelajaran dan bimbingan, para peserta juga akan diamati dan dinilai oleh para dewan juri. Penilaian tersebut nantinya akan sangat berpengaruh pada gelar yang akan didapatkan di malam final.

Apabila dalam sebuah kontes kecantikan saja, peserta harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk memperoleh mahkota dari pihak penyelenggara, apalagi dengan kita. Dalam menjalani hidup, sadar atau tidak, kita pun juga sedang diamati dan dinilai oleh Sang Empunya Kehidupan. Maka dari itu, sudah sepatutnya kita tidak hidup sembarangan atau sesuka hati, melainkan harus memiliki kehidupan yang berbobot. Karena pada dasarnya, hidup kita ini bukan milik kita sendiri, tetapi Kristus yang hidup dalam kita (Gal. 2:20), sehingga sudah seharusnya kita menyertakan Dia di setiap langkah kita. Supaya ketika waktu kita di bumi ini sudah usai, kita boleh kedapatan berkenan di hadapan Bapa dan dikaruniakan mahkota yang kekal.

RENUNGAN
Kita harus memiliki KEHIDUPAN YANG BERBOBOT, sebab Tuhan MENGHITUNG dan MENIMBANG hidup kita.

APLIKASI
1. Coba renungakanlah, apakah Anda sudah memiliki hidup yang berbobot?
2. Menurut Anda, mengapa Tuhan menghitung dan menimbang hidup kita?
3. Bagaimana Anda dapat memperbaiki kehidupan Anda supaya lebih berbobot? Buatlah dan tuliskan komitmen Anda!

DOA UNTUK HARI INI
“Ya Tuhan, ampuni kami kalau selama ini kami masih hidup semau kami sendiri. Kami sadar bahwa kami adalah umat-umat pilihan-Mu, dan sudah sepantasnya kami memiliki kehidupan yang berbobot. Sehingga pada saatnya nanti kami menghadap Engkau, neraca kami boleh kedapatan berbobot di mata-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”