MENJADIKAN KELUARGA TEMPAT YANG NYAMAN DAN INDAH [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yeremia 18-19
2 Timotius 3

BACAAN HARI INI
Roma 15:1-7

RHEMA HARI INI
Roma 15:5-6 Semoga Allah, yang adalah sumber ketekunan dan penghiburan, mengaruniakan kerukunan kepada kamu, sesuai dengan kehendak Kristus Yesus, sehingga dengan satu hati dan satu suara kamu memuliakan Allah dan Bapa Tuhan kita, Yesus Kristus.

Ketika masih kecil, Siwi pernah bertengkar dengan adiknya. Hingga beberapa hari mereka tidak bertegur sapa. Siwi lupa persisnya penyebab pertengkaran itu. Namun, Siwi tidak dapat lupa nasihat ibunya kala itu, “Apa pun kesalahannya, ia adalah adikmu. Suka atau tidak suka, ia tetap adikmu. Tidak ada yang dapat mengubah itu. Mau sampai kapan kamu bertengkar?” Ibu Siwi selalu mengajarkan kepada anak-anaknya untuk dapat menciptakan suasana yang nyaman di keluarga. Mereka harus saling mengampuni dan mengasihi, karena mereka adalah saudara dan tidak ada yang dapat mengubah hal itu.

Ilustrasi di atas menjadi gambaran bahwa keluarga yang memiliki kerukunan maka kondisi dalam rumah akan nyaman dan indah. Rumah tangga akan menjadi tempat yang menyenangkan. Rumah tangga akan menjadi tempat suami, istri, dan anak-anak merasa nyaman dan kerasan, karena memiliki tempat yang kondusif, tempat untuk berlindung, tempat yang seperti sorga. Akan tetapi, kita sering melihat pada masa-masa seperti saat ini, banyak keluarga yang kondisinya kurang baik. Mungkin ada salah satu anggota keluarga yang terkena dampak PHK, atau pemasukan yang mulai berkurang, atau suasana berantakan karena anak-anak belajar di rumah membuat beberapa orangtua menjadi stress, dan sebagainya.

Kondisi-kondisi yang seperti di atas sering kali menjadi pemicu suasana tidak baik. Tidak ada kerukunan. Tidak ada keharmonisan. Rhema Tuhan hari ini mengingatkan kita semua bahwa Allah sumber segalanya, telah mengaruniakan kerukunan kepada keluarga kita. Penting bagi kita untuk menjaga keharmonisan keluarga kita. Menjadi tugas semua anggota keluara untuk menjadikan keluarga sebagai tempat berlindung, tempat yang nyaman dan indah. Sehingga keluarga kita muncul sebagai keluarga yang menjadi berkat dan menjadi saksi bagi sekitar, bahwa sekalipun kondisi kurang baik, tetapi justru ketahanan keluarga kita semakin kuat, sehingga semakin harmonis dan diberkati Tuhan.

RENUNGAN
Jadikan KELUARGA kita TEMPAT BERLINDUNG, sekaligus tempat yang NYAMAN dan INDAH karena ada KASIH ALLAH.

APLIKASI
1. Menurut Anda, apa makna keluarga adalah tempat yang nyaman dan indah?
2. Mengapa Tuhan rindu agar keluarga-keluarga Kristen menjadi harmonis dan rukun ?
3. Bagaimana langkah-langkah Anda untuk menjadikan keluarga Anda menjadi tempat yang nyaman dan indah?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami sangat bersyukur Engkau telah menempatkan kami di tengah keluarga yang begitu luar biasa. Kami percaya keluarga kami adalah keluarga yang Engkau kasihi. Kami rindu keluarga kami menjadi tempat yang nyaman dan indah dan bahkan menjadi berkat serta menjadi saksi-Mu di mana pun keluarga kami ditempatkan. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”