DAMPAK BERJALAN DENGAN HIKMAT TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 51-53
Roma 2

RHEMA HARI INI
Mazmur 119:99-100 Aku lebih berakal budi dari pada semua pengajarku, sebab peringatan-peringatan-Mu kurenungkan. Aku lebih mengerti dari pada orang-orang tua, sebab aku memegang titah-titah-Mu.

Di zaman media sosial seperti saat ini, ada begitu banyak video yang bermunculan dan dengan mudah dapat kita akses. Namun, hanya ada beberapa judul konten yang dengan cepat mampu mengundang banyak penonton, yaitu konten-konten dengan judul seperti “Sukses di Usia Muda”, “Dapatkan 1 Milyar Pertamamu”, atau “Cara Punya Rumah Tanpa Modal”. Apabila kita perhatikan lebih lagi, tidak semua orang yang mengikuti cara yang dibagikan dalam konten tersebut akan mengalami kesuksesan seperti yang diceritakan. Bahkan, terkadang konten tersebut juga dapat menjerumuskan seseorang menjadi lebih terpuruk lagi karena realita tidak sesuai dengan harapan.

Melihat situasi di atas, sering kali kita bertanya-tanya, “Lalu, apa yang harus kita lakukan agar hidup kita terus mengalami peningkatan?” Jawabannya pun sederhana, yaitu dengan hikmat Tuhan. Adapun Keluaran 19:5 mengatakan, cara untuk mendapatkan hikmat Tuhan tersebut adalah dengan sungguh-sungguh mendengarkan firman-Nya dan berpegang pada perjanjian-Nya. Oleh karena itu, ketika seseorang berani mengambil langkah untuk berjalan dalam tuntunan dan hikmat Tuhan, maka ia akan melihat kuasa Tuhan begitu nyata dalam hidupnya. Terlebih dalam menghidupi Perjanjian Berkat Tuhan dalam hidup ini, sangat diperlukan berjalan dalam hikmat Tuhan, sehingga kita tidak akan salah dalam mengambil langkah.

Banyak orang memilih untuk menjalani kehidupannya dengan mengandalkan kekuatan mereka sendiri, tetapi pada akhirnya langkah tersebut membuat mereka terjatuh dan terjerumus dengan sendirinya. Oleh karena itu, tidak secara kebetulan jika rhema hari ini mengingatkan kita semua untuk mulai belajar berjalan dengan hikmat Tuhan, sehingga kita bisa dibawa naik terbang tinggi melampaui orang-orang pandai sekalipun. Dalam ayat rhema hari ini pun meneguhkan kita, bahwasannya sangat penting bagi kita untuk merenungkan dan memegang firman Tuhan, sehingga kita akan menjadi lebih berakal budi dari pada orang pandai sekalipun. Saat kita berjalan dengan hikmat Tuhan, maka kita akan bisa menikmati perjanjian berkat Tuhan yang nyata dalam setiap musim hidup kita.

RENUNGAN
Dengan HIKMAT TUHAN, kita bisa dibawa NAIK TERBANG TINGGI melampaui orang-orang pandai sekalipun.

APLIKASI
1. Menurut Anda, apa itu hikmat Tuhan? Seberapa pentingkah hikmat Tuhan bagi kita?
2. Bagaimana Anda menilai diri Anda, sudahkah Anda berjalan dengan hikmat Tuhan selama ini?
3. Apa yang menjadi komitmen Anda untuk dapat mengaplikasikan renungan hari ini dalam kehidupan kita sehari-hari??

DOA UNTUK HARI INI
“Ya Bapa, terima kasih atas kasih dan tuntunan-Mu dalam hidup kami. Urapi mata hati kami untuk dapat mengerti tentang hikmat-Mu sehingga kami mengutamakannya lebih dari segala hikmat dunia. Terangi langkah kami, buat kami berhasil dalam melakukan setiap bagian kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”