KEBANGKITAN ROH ADALAH AWAL DARI KEMENANGAN KITA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 129-131
1 Korintus 11:1-16

RHEMA HARI INI
Roma 8:15 Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!”

Mari kita bayangkan kondisi bangsa Israel ketika Tuhan mengizinkan bangsa Midian menekan mereka. Kemiskinan mendera mereka karena hasil panen yang tidak pernah bisa mereka nikmati. Ketakutan mendorong mereka bersembunyi di gua-gua di pegunungan. Secara tubuh, jiwa, dan roh, mereka tak ubahnya berada dalam perbudakan. Bahkan ketika Tuhan memanggil Gideon untuk bangkit membebaskan bangsanya, ia seolah-olah lupa bahwa Tuhan yang memanggilnya adalah Tuhan yang JAUH LEBIH BESAR dari para musuhnya. Gideon justru terjebak dengan pemikiran betapa kecil dirinya. Itu sebabnya, Tuhan tidak memperlengkapinya dengan ilmu perang, tetapi MEMBANGKITKAN ROHNYA TERLEBIH DAHULU. Gideon lantas berubah menjadi seorang yang gagah berani. Kini ia bisa melihat kebesaran Tuhan yang menyertainya. Ia berubah menjadi percaya diri bukan karena kemampuan yang dimilikinya, TETAPI KARENA ROH TUHAN MENGUASAI DIRINYA. Akhirnya Gideon berhasil mengalahkan bangsa Midian yang seperti belalang banyaknya hanya dengan 300 orang pilihan Tuhan.

Mengapa Tuhan tidak melatih Gideon berperang, tetapi justru memulihkan rohnya terlebih dahulu? Karena Tuhan tahu, ketika Gideon bangkit dalam rohnya, perkara yang besar akan bisa Tuhan kerjakan melalui dirinya. Itu jugalah yang dialami oleh Daud ketika menghadapi Goliat. Bukan karena kemampuan berperangnya, tetapi karena Daud MEMILIKI ROH YANG PERKASA.

Jika saat ini Anda juga sedang menghadapi tantangan yang besar, mari sadari bahwa yang paling penting dan pertama untuk Anda miliki adalah KEBANGKITAN ROH ANDA. Bukan strategi, bukan rencana yang baik, bukan pula koneksi. Walau semua itu baik, tetapi jadikan kebangkitan roh Anda sebagai hal utama yang Anda perjuangkan. Melalui moment paskah ini, mari bangkit bersama kebangkitan Yesus dalam sebuah kebangkitan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Bangun manusia roh Anda, masuk dalam doa puasa, naik Loteng Atas, dan alamilah kebangkitan bagi roh Anda. Maka lihatlah apa yang akan Tuhan kerjakan melalui kebangkitan roh yang Anda alami. Kemenangan, mujizat, dan jawaban doa akan Anda terima, dan nama Tuhan dipermuliakan dalam hidup Anda. Haleluya!

RENUNGAN
Kebangkitan besar dimulai dari KEBANGKITAN MANUSIA ROH kita.

APLIKASI
1. Hal apakah yang menjadi tantangan besar bagi hidup Anda di luar kekuatan yang Anda miliki?
2. Menurut Anda, apa yang akan terjadi jika roh Anda semakin dibangkitkan dalam menghadapi tantangan itu?
3. Komitmen apa yang bisa Anda ambil supaya roh Anda semakin mengalami kebangkitan? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Roh Kudus, semakin hari kami semakin menyadari bahwa kami membutuhkan Engkau. Kekuatan kami terbatas sebagai manusia, dan kami tahu HANYA BERSAMA ROH-MU kami mampu mengatasi semua tantangan hidup kami. Bangkitkan kami dan penuhi kami supaya kami semakin dimampukan masuk ke dalam rencana-Mu yang besar dan nama-Mu semakin dipermuliakan dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”