CIRI ORANG YANG MENGASIHI TUHAN DENGAN SEGENAP HATI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Bilangan 20-22
Markus 7:1-13

RHEMA HARI INI
Markus 12:33 Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah jauh lebih utama dari pada semua korban bakaran dan korban sembelihan.”

Senyum terus menghiasi wajah Jono karena ia berhasil memenangkan hati Siti. Akhir minggu yang biasa dihabiskan dengan teman-temannya, sekarang ia gunakan untuk berkunjung ke rumah sang pujaan hati. Apalagi minggu depan adalah hari peringatan satu bulan jadian. Jono sampai rela hanya makan dua kali sehari demi menabung untuk membeli hadiah pada hari spesial tersebut. Segala yang dipikirkannya adalah bagaimana dan apa yang akan menyenangkan sang kekasih hati, termasuk baju apa yang akan dipakai saat kencan.

Manis sekali ketika melihat orang jatuh cinta yang rela melakukan apa saja bagi orang yang dikasihinya. Apa saja yang dilakukan pasti ujung-ujungnya demi kekasih tersayang. Daya upaya, waktu, juga harta diberikan dengan ikhlas kepada pribadi yang dikasihi. Demikian juga jika seseorang mengasihi Tuhan dengan segenap hati. Ia secara otomatis akan menjadikan Tuhan sebagai pusat kehidupannya. Tuhan akan menjadi alasan utamanya untuk hidup, bekerja, melayani, dan dalam mengambil keputusan-keputusan dalam hidupnya. Besar maupun kecil.

Seperti Paulus yang mendedikasikan seluruh hidupnya kepada Tuhan, kiranya kita dapat hidup meneladani Rasul Paulus, yaitu hidup yang mengasihi Tuhan segenap hati. Kasih kepada Tuhan juga membuat seseorang tidak mudah kecewa apa pun yang dihadapi, baik atau buruk, mudah atau sulit, sehat atau sakit. Tidak secara kebetulan rhema hari ini mengatakan bahwa mengasihi Tuhan dan sesama lebih utama dari pada semua korban bakaran atau sembelihan. Sebab Tuhan melihat kepada hati yang rela dan ikhlas ketimbang korban yang cenderung berdasarkan keakuan manusia dan rentan terhadap kekecewaan. Mulai hari ini, beranilah mengambil langkah untuk berani berkomitmen mengasihi Tuhan dengan segenap hati, sehingga kita akan menjadikan Tuhan sebagai pusat kehidupan kita. Maka hati kita akan senantiasa terjaga dari segala kekecewaan dan keputusasaan dalam segala situasi.

RENUNGAN
Orang yang MENGASIHI TUHAN DENGAN SEGENAP HATI akan MENJADIKAN TUHAN sebagai PUSAT KEHIDUPANNYA.

APLIKASI
1. Apa yang menjadi pusat kehidupan Anda saat ini? Sudahkah Anda menjadikan Tuhan sebagai pusat kehdiupan Anda?
2. Menurut Anda, apa pentingnya mengasihi Tuhan dengan segenap hati?
3. Bagaimana Anda tahu bahwa Anda telah mengasihi Tuhan dengan segenap hati? Langkah apa yang akan Anda ambil untuk dapat mengaplikasikan renungan hari ini? Tuliskan.

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mengucap syukur untuk renungan hari ini. Kami rindu dapat kembali ke dasar kasih mula-mula yang mengasihi-Mu dengan segenap hati dan menjadikan Engkau pusat kehidupan kami. Dengan demikian kami menjadi pribadi yang tidak mudah kecewa dalam mengiring Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”